Panduan Naik MRT Singapura

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSyJmxO7u4SMqIKcb43mN3HR9nMlTgPzel1S9iMbBmzoY3qiCrW
Singapore adalah salah satu negara dengan transportasi publik terbaik di dunia. Tersedia berbagai moda transportasi yang memungkinkan baik penduduk maupun turis menjelalah negara pulau ini secara efisien dan tepat waktu, mulai dari MRT (Mass Rapid Transit), Bus Kota, dan taksi.

Sebagai turis, Anda tidak perlu takut nyasar , karena selain kecil, informasi rute dan petunjuk jalan sangat jelas dan mudah ditemukan. Bagi kebanyakan orang, naik MRT adalah cara yang paling enak dan mudah untuk menuju suatu lokasi, namun menurut saya sebenarnya menjelajah dengan bus kota lebih baik karena bisa melihat pemandangan di sekeliling dan suasana di tiap distrik
such a clean , colourfull , small & strict country ! :D
Kebanyakan stasiun MRT berada pada bawah tanah (underground). Dan lokasi underground ini cukup dalam. Meskipun ada dibawah tanah, sinyal telepon tetap hidup normal. Dan juga sirkulasi udara cukup nyaman dengan adanya Air Conditioner. Setiap stasiun dilengkapi dengan fasilitas General Ticketing Machine (semacam mesin ATM) untuk pembelian tiket. Informasi penumpang di Passenger Service. Berbagai petunjuk dan informasi dalam bentuk LED dan Plasma Display.
Untuk menuju ke lokasi stasiun MRT, biasanya banyak petunjuk arah dengan logo berikut, kita tinggal teliti saja membaca petunjuk – petunjuk arah yang ada di jalan

pintu masuk / Gate MRT
Tapi bagi awam tentu saja ada kebingungan bagaimana naik MRT bukan ?

Untuk dapat menggunakan kereta MRT atau Mass Rapid Transit di Singapura harus menggunakan tiket elektronik. Tiket ini akan digunakan pada pintu masuk elektronik MRT dengan cara menempelkan atau tapping pada tempat yang sudah disediakan. Setelah tiket ditempelkan maka saldo pada tiket akan otomatis berkurang dan pintu akan terbuka.

Untuk memasuki pintu perhatikan tanda lampu pada pintu, jangan sampai salah masuk pada pintu keluar. Seperti trafic light terdapat lampu hijau dan merah untuk membedakan. Untuk yang membawa kereta bayi, koper besar atau kursi roda dapat melalui pintu masuk yang lebih besar.

Ada 3 macam tiket MRT yaitu tiket yang digunakan hanya sekali pakai atau single trip dan ada juga yang dapat diisi ulang atau EZ Link dan kartu unlimited ride selama 1 hari yaitu Singapore Tourist Pass.

Kelebihan dan kekurangan 3 jenis kartu tersebut dapat dibaca di sini.

Tahapan / cara pembelian tiket MRT pada mesin GTM :
1. Siapkan uang dengan pecahan kecil. . Harga satu kartu MRT tergantung tujuan yang dipilih, kisaran harga sih sekitar 1-3 SGD. (1 SGD sekitar 7000 perak saat itu). Duit siap, langsung mengantrilah ke mesin MRT terdekat. Nah di mesin itu akan ada peta MRT yang bisa kita sentuh stasiun mana yang kita tuju.
2. Pilih menu “buy standard ticket” pada layar dengan memijit layar.
3. Pilih tujuan stasiun pemberhentian dengan memijit peta pada sebelah layar
4. Pilih jumlah tiket yang akan dibeli
5. Masukkan uang ke tempat yang sesuai, misalnya koin dan uang kertas
6. Tiket dan uang kembalian akan keluar

Setelah keluar dari stasiun pemberhentian, untuk tiket yang Standard dapat mengambil deposit $1 pada mesin GTM juga. Untuk melakukan pengambilan deposit atau refund dapat memilih menu “Refund Ticket”.

Sekarang anda tinggal belajar bagaimana membaca peta  MRT untuk tahu tujuan kita, silahkan baca dulu panduan di bawah ini.
https://www.singaporeexpats.com/housing-in-singapore/img/singapore-mrt.jpg
Dan, pada setiap stasiun MRT, terdapat peta arah di sekitar stasiun MRT. Jika belum hafal keluarnya dimana, lebih baik baca dulu baik baik peta tersebut. Jadi pada waktu keluar dari stasiun, lebih dekat dari tujuan yang dicari.

Misalnya ketika tiba di Changi Airport dan ingin langsung menuju Orcahrd. Anda harus menuju ke Basement (lantai dasar) Terminal 2 atau Terminal 3. Kalau pesawat anda mendarat di Terminal 1, maka anda bisa menggunakan skytrain (kereta) gratis yang beroperasi setiap 1-3 menit dari jam 05.00 pagi – 02.30 pagi menuju ke Terminal 2 atau Terminal 3.  Belilah tiket MRT satu kali jalan melalui vending machine. Kalau anda kesulitan, mintalah tolong pada petugas yang dengan senang hati akan mengajar anda bagaimana cara membeli tiket MRT. 

Contoh ke 1: Dari airport (lihat dipeta)  anda akan menuju Orchard. Changi Airpot berada di jalur hijau diujung timur sedangkan Orchard berada di jalur merah, itu artinya anda harus pindah jalur (kereta) untuk bisa sampai ke Orchard.

Perhentian pertama anda harus turun dititik putih yang pertama yaitu Tanah Merah interchange, lalu anda pindah jalur ke jurusan Joo Koon ( Papan petunjuk MRT hanya menulis tujuan akhir dari setiap jalur, misalnya jalur hijau disetiap stasiun MRT hanya ada tujuan Joo Koon dan Pasir Ris/Changi Airport. )

Perhentian kedua adalah City Hall atau Raffles Place, anda bisa berhenti dikedua titik ini untuk pindah ke jalur merah. Sebelum anda naik ke jalur merah, pastikan tujuan MRT tersebut adalah Jurong East bukan Marina Bay.

Perhentian terakhir adalah Orchard.
Contoh ke 2: Dari Orchard anda ingin pergi ke Vivo City yang berada di HarbourFront. Maka dari Orchard anda naik MRT tujuan Marina Bay.
Perhentian Pertama adalah Dhoby Ghaut. Dari MRT interchange ini anda harus jalan cukup jauh untuk pindah ke jalur ungu. Ikuti saja papan petunjuk yang menunjukkan arah North West Line (Jalur Ungu). Jika anda lihat di peta ada titik pertemuan interchange lagi di Chinatown dan Outram Park, anda tidak perlu turun disini karena tujuan akhir anda adalah HarbourFront. Lanjutkan saja perjalanan hingga perberhentian terakhir, HarbourFront.

Remember : antri, jangan menyela orang, dahulukan orang tua, ibu hamil atau yang membawa anak kecil,  no smoking; no eating and drinking; no flammable goods; no durians on MRT.

Sudah siap berjalan-jalan memakai MRT di Singapore ?

Masih bingung ? Baca link ini dan ini