Phuket, Mutiara Laut Andaman

Untuk suatu liburan pantai yang sempurna, Phuket (dari bahasa Melayu, "Bukit") dapat menawarkan pilihan yang sangat lengkap. Lautnya yang tampak bagai batu permata jade dan safir, pantai dengan pasir yang putih bagai kristal, pasti akan membuang semua kepenatan dan memberi Anda ketenangan, rileksasi, dan kesegaran baru. 

Selain beberapa pantai dan pulau tercantik di dunia, Anda juga dapat menikmati wisata belanja yang seru, kehidupan malam yang semarak, kelezatan cita rasa internasional, olah raga laut atau di alam bebas, dunia bawah laut, pegunungan dan hutan yang alami, warisan budaya yang kaya, serta petualangan arsitektur China-Portugis yang mempesona.

Bagi pecinta selam, tempat penyelaman terbaik dunia antara lain ada di Surin dan Similan Island, yang memiliki ika-ikan terbesar dunia, hiu paus, bahkan manta rays dengan sayap lima meternya masih terkadang terlihat. Ingin memacu adrenalin? Cobalah rock climbing di tebing batu kapur yang sangat indah di propinsi Krabi. Bagi yang ingin tenang, cobalah berkano di Phang Nga Bay, penuh dengan formasi batu kapur unik bagai paku. Atau, nikmati golf di lima lapangan golf kelas dunia Phuket. 

Lokasi-lokasi pusat wisata:

Patong Beach
Pantai ini paling populer, sangat sempurna untuk berenang, berjemur, jet ski dan parasailing. Kehidupan malam dan tempat berbelanjanya juga menjadi favorit. Pantai ini terletak di pesisir barat Phuket, bisa diasosiasikan seperti Legian Kuta Bali. Dimana banyak berkumpul turist middle-down. 

Seperti halnya di Bali ada permainan jet sky (1000 bath/30 menit), banana boat (800 bath), parasailing(700 bath) dll. Air laut di pantai ini memang “biru” dan anda akan merasakan “sense” yang lain yang tidak kita dapatkan di pantai Indonesia.

Warna air laut dan pasir pantai akan jauh lebih bagus pada bulan antara November-April (high season) dikarenakan pengaruh Angin Monsoon dan Laut Andaman. Tetapi untuk masa ini akan banyak turis yang datang (agak crowded). Bila langit cerah anda dapat menunggu sunset yang magnifique di sini.

Kata & Karon Beach 
Dua jalur pantai yang sangat mempesona, dan nikmatilah dengan pijat ala Thai di tepi pantai. Para peselancar datang ke Kata selama Juni sampai November untuk menaklukkan ombaknya. Pantai yang terletak di selatan patong, banyak vila/hotel mewah di sini, seperti Nusa Dua banyak dikunjungi turis middle up

Promthep Cape
Sebuah tanjung di ujung selatan phuket dimana kita bisa melihat sunrise dan sunset

Chalong Bay 
Di sebelah selatan pulau, Chalong Bay membanggakan restoran-restoran lautnya yang sangat terkenal. Juga tersedia acara menangkap ikan hiu.

Wat Chalong
Komplek temple perpaduan antara budaya Thailand dan China

Big Budha 
Patung Buddha raksasa yang masih dalam tahap pembangunan 

Phuket Town
Pusat pemerintahan provisi phuket, dengan bangunan berarsitektur China-Portugis yang unik.

Rekreasi Lain
Begitu banyak yang bisa dilihat dan dinikmati, seperti trek bersama gajah, Phuket Shell Museum, dan Phuket Fantasea, Siam Niramit yang baru dibuka adalah sebuah pertunjukan yang pasti membuat Anda terkesima.

Selain itu, jangan lupa kunjungi:
- Thai Village di Thepkasattri Road, menyajikan hidangan khas Thai selatan untuk santap siang dan santap malam, sembari menonton pertunjukan tari tradisional Thai, adu pedang, Thai boxing, serta gajah dan budaya setempat. Juga terdapat kerajinan tangan yang menarik.
- Peternakan Mutiara
- Pusat Kerajinan Tangan di Thepkrasattri Road, menampilkan seniman sutra, lacquer, perak dan perhiasan.
- Peternakan abalone (Abalone Farm): nikmati abalon segar dengan harga yang sangat murah!
- Chana Charoen Crocodile Farm: peternakan buaya
- Berbelanja di Chao Fa Weekend Market 

Vegetarian Festival
Perayaan paling besar di Phuket ini berlangsung selama sembilan hari pertama di bulan sembilan penanggalan Lunar (biasanya Oktober). Inilah saat di mana para penduduk Phuket keturunan China melakukan pola makan vegetarian untuk membersihkan diri agar mendapat berkah di tahun depan. Para penganutnya mengadakan pertunjukan yang menakjubkan, seperti menusuk diri, berjalan di atas api, dan menusuk tubuh dengan tombak.

Akomodasi
Banyak penginapan murah disini dengan tarif 300-400 Bath untuk kamar dengan fan, dan 500-700 bath dengan AC. Tetapi harga kamar hotel tergantung musim / season dimana harga akan melambung pada saat peak season (menjelang Natal & Tahun Baru), high season (November-April) dan harga kamar akan murah sekali pada saat low season - musim hujan (Oktober-April). Banyak sekali kamar yang tersedia untuk setiap budget dari yang kelas hostel / dorm, hingga hotel mewah bintang 5.

Bangla Road
Jalan ini adalah penghubung Rat-u-thit dan Thaweewong Road. Terkenal dengan kehidupan malam typical Thailand: Agogo Bar, Ladyboys Cabaret, Muathai/Thailand Kickboxing, diskotik dan hiburan malam lainnya. 

Tetapi “wild”-nya jauh kalah dibandingkan dengan Bangkok, tetapi kalau anda baru pertama kali datang ke Thailand tidak salahnya mencicip “cita rasa” Thailand. Pada malam hari jalan ini ditutup untuk kendaraan dan hanya untuk pejalan kaki.

Agogo bar
Bar terletak akan dibelakang dan agak tertutup. Bar ini mempunyai 2 price list minuman yang berbeda. Pertama untuk tamu yang datang bersama “calo” dan kedua untuk tamu yang datang langsung. Jangan menerima ajakan beberapa orang calo yang menawarkan agogo bar di depan jalan. Bila anda menerima ajakan mereka, anda akan di antar ke agogo bar dengan harga minuman yang sangat mahal. 1 can Coca cola bisa 400 bath (normal price=40 bath). Jadi langsung saja datang ke bar yang sama dan anda akan dipersilahkan masuk dan harga minuman jauh lebih murah antara 100-150 bath. Dan anda harus memberikan “saweran” se-ikhlasnya (100 bath) kepada si Lady yang meminta saweran setelah aksinya.

Lady boys (LB)/ Kathoey
Di belakang Crocodile bar ada Cabaret LB Moulin Rose. Tiket masuk 200 bath termasuk minuman. Sangat menarik memang menyaksikan kabaret ala “Tata Dado” tetapi di sini LB (baca: banci) sangat cantik dan tidak terlalu exaggerating bila dibilang mirip dengan beberapa artis Indonesia Sebelum aksi cabaret, LB ini “berkeliaran” di jalan sambil berfoto ria dengan turis. Untuk sekali foto bareng, setiap LB meminta uang 100 bath, batasi saja berfotonya dengan 2 LB, jika tidak mereka akan mengerumuni anda untuk foto bareng dan anda harus memberi uang ke mereka semua. Memang menurut mitos tidak lengkap perjalanan anda ke Thailand kalo tidak berfoto dengan LB.Selain itu anda bisa menonton show terkenal "Simon Cabaret" dengan 2x pertunjukkan setiap harinya

Makanan
Banyak restorant yang menawarkan menu eropa : pizza, spagheti, burger atau menu lokal Thailand: ayam/babi/sapi/seafood goreng+sayuran, sup seafood+sayuran dengan kuah air atau santan (Tom yam) dll. Tidak begitu beda dengan masakan kita disini. Harga satu dish makanan eropa 200-300 bath. Untuk masakan thai local berkisar 60-120 bath. Minuman teh/kopi/softdrink antara 20-50 bath

Untuk yang muslim memang agak sedikit repot mendapatkan masakan halal. Walau kita tidak makan B2, tapi proses gorengan/rebus mungkin bisa tercampur dengan daging lain. Tetapi karena Phuket juga merupakan daerah di Thailand selatan yang cukup banyak Muslim dan merupakan destinasi favorit untuk turis-turis dari Timur Tengah, banyak juga restauran India atau makanan Timur Tengah. Tetapi jika kurang cocok, bisa mencoba restauran atau penjaja makanan pinggir jalan, tetapi tanyakan terlebih dahulu ke halal an makanan tersebut, dengan menghafalkan atau menyiapkan tulisan Thai ฉันไม่กินหมู di baca Mai Ao Muu Khaa artinya saya tidak makan babi, atau men save nya di handphone dan ditunjukan kepada penjual makanan. 

(untuk wanita, maka setiap akhiran kalimat harus tambahkan " Khaa")...Jadinya "Mai Ao Muu Khaa", kalo pria jadinya: "Mai Ao Muu Krub"....)

Baca link ini untuk anda yang mencari makanan halal dan link ini untuk mesjid di Phuket 

Transportasi
Tidak ada taxi meter di kawasan Patong, kebanyakan adalah kendaran Hi-jet Daihatsu berwarna merah yang disebut “Tuk-Tuk” (TT) yang beroperasi 24 jam. TT ini dapat disewa ke semua tujuan di Phuket dengan tarif sewa 200-700.

Ada juga bus lokal yang beroperasi 05.00 s.d 18.00 dengan tarif 20 bath per orang.

Untuk yang mempunyai SIM A atau C dapat menyewa mobil atau motor. SIM Indonesia diakui di Thailand, untuk depositnya paspor akan disimpan rental.

Tarif sewa motor (bebek/Mio/Nouvo) : 200 bath/hari dapat lebih murah untuk sewa beberapa hari. Mobil : 600-1000 bath tergantung dengan jenis mobil (Jeep/sedan).

Untuk yang mau merasakan naek Harley Davidson atau motor balap 1000 cc (CBR), motor-motor ini juga dapat disewa tentunya dengan harga yang jauh lebih mahal.

Setiap pengendara motor diwajibkan memakai helm, dan polisi bisa saja menghentikan motor bila anda tidak memakai helm.

ATM dan Money Changer
Seperti halnya daerah pariwisata lainya di Phuket, di Patong terdapat banya sekali outlet ATM dan Money changer. Dengan jam operasi ATM 24 jam dan money changer 8.00-22.00.

Mata uang yang diperdagangkan, USD, SGD, AUD, EURO dan mata uang lainnya. Rupiah hampir tidak di ada disini, dan kalau ada, akan dihargai lebih rendah . USD pecahan 100 dan 50 dibeli dengan rate yang lebih tinggi dibandingkan dengan pecahan 10, 5 dan 1 dollar.

Travel check juga dinilai dengan rate yang lebih rendah ketimbang bank note (uang). Bagi teman-teman yang membawa Kartu kredit VISA/Master Card dan Kartu Debit BCA (Cirrus/Maestro) dapat menarik uang dari ATM setempat tetepi tentunya ada akan dikenai biaya satu kali penarikan tunai sebesar lebih kurang Rp. 50 ribu dan dengan dengan rate yang lebih tinggi.