Kartu MRT : single card, EzyLink / STP

Untuk yang akan datang ke Singapura terutama pertama kali, biasanya salah satu kebingungan utama adalah memakai transportasi MRT dan kartu apa yang harus dibeli, karena ada 3 pilihan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing : 

1. Single Ticket 
Jika tidak akan sering-sering ke Singapore, beli Single Ticket saja. Ongkosnya antara 0,9-2,1SGD plus    1SGD yang akan dikembalikan saat kita mengembalikan kartu tiket. Tarifnya tergantung jarak. Belinya di Standing Machine yang ada di dekat gate masuk ke MRT. 
http://www.holland-village-singapore.com/wp-content/uploads/2011/09/transport_mrt_ticket_machine-271x300.jpg
Step2nya  :
  • Pilih Standard Ticket ( Langsung pencet layar nya).
  • Pilih tujuan ke MRT mana 3.
  • Pilih jumlah tiket (Kalau cuma satu tiket ya langsung ke next step aja).
  • Masukan uang (Tiap mesin beda-beda. Kadang ada yang menerima sampai max.10SGD. Kadang ada yang cuma 5SGD. Biasanya pas step ini, ada  di layar info nilai uang yang diterima oleh mesin ini. Kalo tidak punya uang receh, bisa tukar kok di Passenger Service / counter dekat gate MRT.) Dan jangan lupa kalau setiap perjalanan, harganya akan ditambah deposit 1SGD yang akan dikembalikan setelah sampai di tempat tujuan
  •  Keluar deh tiketnya plus kembalian kalau ada di lubang di bawah.Jika sudah sampai di MRT tujuan, tinggal lakukan ini agar deposit 1SGD tadi dikembalikan, caranya  :
  • Pilih Return Deposit.
  • Masukin kartu (Jangan salah ke lubang untuk kartu atm ya… Ada 2 lubang kartu di situ)
  • Dan langsung  keluar deh koin 1SGD.
Jeleknya Single Ticket, waktu kamu akan terbuang untuk mengantri tiket dan mengembalikan deposit 1SGDnya itu. Jangan lupa untuk mengembalikan tiket pada hari yang sama dengan anda membeli tiket, agar depositnya tidak hangus.

2. EzLink
Agar Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang receh ketika bepergian di Singapore, bisa membeli jenis kartu ini . EzLink adalah salah satu alat pembayaran yang diterima secara luas di Singapore – terutama untuk MRT, dan bus. Sebagai alat pembayaran kartu ini juga diterima di merchant-merchant sepert McDonald, membeli minuman di mesin penjual minuman (vending machine), perpustakaan nasional (national library), dll.
 
EzLink dapat dibeli di Ticket Office yang biasanya ada di bus interchange atau di station MRT. Tapi, tidak semua station MRT menjual ezlink. Dan setiap pembeli harus menunjukkan paspornya sebagai bukti identitas.  Anak kurang dari 7 tahun atau tinggi minimal 90 cm juga harus mempunyai Ezylink sendiri, dengan harga khusus . Untuk anak-anak hanya bisa dibeli di Ticket Office tertentu seperti misalnya di Changi atau di Jurong East. 

praktis, tinggal "tap" saja
Harga EzLink (perdana)  itu = $15 ( Isinya $10, $5 unrefundable deposit , $3 refundable deposit & $ 7 yang bisa dipakai ), dan jika nanti sudah habis, mengisi EzLink / top-up dapat dilakukan secara mandiri melalui mesin penjual tiket di MRT, 7-eleven atau bahkan online. Minimum top up nya  $10 

EZ link sekarang ini bahkan bisa untuk  masuk ke Sentosa juga.. Jadi tidak perlu mengantri untuk beli tiket masuk di Vivo City.. langsung lewat saja seperti kalau mau naik MRT biasa
Kartu tidak dapat dipergunakan saat balance kurang dari 4-5 SGD
.

Untuk pemakaiannya, anda hanya perlu men tap kan saja kartu itu di reader pada saat masuk dan keluar di gate MRT. Begitu juga pada saat anda naik bis, tap pada mesinnya di dekat supir 2x pada saat naik dan akan turun.

Asiknya lagi memakai kartu EZ Link adalah anda bisa tetap menyimpannya di dompet , dan tinggal menempelkan dompet anda ke readernya, tanpa perlu mengeluarkan kartunya, sehingga resiko kartu hilangnya lebih kecil

3. Singapore Tourist Pass
Adalah kartu yang memungkinkan anda naik MRT/bus sepuasnya dalam 1 hari seharga $8 kemanapun saja anda mau. Satu yang mesti diperhatikan untuk STP, cardnya berlaku per hari artinya sampai hari tersebut habis jadi bukan 24 jam... so, jangan membeli STP jika sudah sore.. rugi hanya berlaku beberapa jam saja.
STP hanya ada pilihan 1,2, atau 3 hari saja , dengan deposit $10 setiap pembelian.
STP kalau sudah habis, masih bisa direload dan berfungsi layaknya EZlink. Jadi gak  rugi juga,  dan jika akan ke SG lagi tidak perlu beli kartu lagi, tinggal reload saja. Masa tenggang kartunya lumayan lama kok.
Untuk lebih jelasnya, baca penjelasan berikut :
 

 Deposit
  • Singapore Tourist Pass : $10 dikembalikan asal tidak lebih dari 5 hari
  • Ez-link : Deposit $5 hangus, Deposit $3 dikembalikan jika kartu dikembalikan, Sisa uang yang ada bisa dikembalikan
  • Single card : Deposit $1 dikembalikan setiap 1 perjalanan       
Harga 
  • Singapore Tourist Pass : $8 per hari + $10 deposit
  • Ez-link : Harga awal $15, yang bisa dipakai hanya $7. Bisa top up $ 10 -$100 untuk 7/11, McD, dll    
  • Single card : Tergantung rute perjalanan   
Keuntungan 
  • Singapore Tourist Pass : Tidak usah mengantri di mesin tiket dan membayar bus dengan uang receh, Bisa dipakai unlimited selama 1 hari tidak perlu membayar MRT/bus lagi
  • Ez-link : Tidak usah mengantri di mesin tiket dan membayar bus dengan uang receh  , harga per rute   sedikit lebih murah dibanding single card biasa
  • Single card: Lebih irit jika jarang pakai MRT/bus    
Kerugian
  • Ez-link : Deposit cukup mahal
  • Single card :  Harus mengantri setiap akan pergi, dan mengembalikan kartunya untuk $1           
Jadi, sudah jelas mau membeli kartu apa nanti jika ke Singapore ?
https://www.fas.nus.edu.sg/srn/wp/wp-content/uploads/2016/01/IMG_6771.jpg

Untuk cara bagaimana naik MRT , silahkan baca ini