Kecantikan Thailand Selatan

booming gara2 film "The Beach"
Terkenal atas pantainya yang sangat jernih, formasi bebatuan unik, dan resor-resor terbaik dunia, keempat propinsi yang terkenal di bawah ini saling berdekatan, sehingga dapat didatangi sekaligus : 


Propinsi Phuket
Merupakan resor liburan utama di Asia, pantai (hat) terbaik di Phuket adalah yang menghadap ke Laut Andaman, seperti di Patong dan Kata/Karon. Beberapa aktivitas menarik:
  • Bersantai di pantai-pantai indah seperti: Patong, Kata , Karon ,dll
  • Keramaian di pantai Patong Beach, dengan berbagai restoran seafood.
  • The Thai Village yang menyajikan santapan khas Thai Selatan lengkap dengan pertunjukan budaya
  • Diving lepas pantai di Surin, Similan dan Racha island.
  • Menyendiri ke pulau Ko Racha yang mempesona (2 jam naik kapal dari Ao Chalong).
  • Melihat langsung peternakan mutiara
  • Menyantap abalon sepuasnya di Phuket Abalone Farm
  • Baca tentang Phuket lebih lengkap di sini 
Propinsi Krabi
Krabi adalah salah satu pintu gerbang menuju daerah dan pulau indah di selatan Thailand, seperti Ao Nang atau ke pulau seperti Koh Lanta, termasuk Koh Phi Phi. Menawarkan salah satu pemandangan paling menarik di Thailand: bukit-bukit karang di depan pantai yang sangat jernih dengan pulau favorit para backpacker dunia, Ko Phi-phi
Beberapa aktivitas yang menarik yang dapat dilakukan di Krabi :
  • Berfoto di pantainya The Beach (Leonardo diCaprio) di Phi Phi Island.
  • Tepatnya di pantai Maya, Phi Phi Leh.
  • Anda juga dapat berenang sambil memberi makan ikan di sini, atau menyelam scuba.  
  • Belajar panjat tebing, yang paling terkenal adalah Rai Le (muncul di acara Amazing Race)
  • Ekspedisi kano, snorkeling dan diving di Poda, Rang Nok dan Hua Kwan.
  • Pantai fosil Susan Hoi
  • Kuil Gua Harimau ("Tiger Cave") atau Wat Tham Suea, dengan jejak kaki harimau misterius di tengah hutan dalam gua.
  • Bersantai di Ko Lanta dengan pantainya yang belum banyak dikunjungi turis

Phi Phi Island

Dalam bahasa Thailand disebut Koh Phi Phi (‘Koh’ berarti pulau), sebenarnya terdiri dari 2 pulau: Koh Phi Phi Don yang lebih besar dan Koh Phi Phi Leh. Koh Phi Phi Don adalah base untuk menginap sedangkan Phi Phi Leh tidak perpenghuni namun setiap hari boleh didatangi. Turis yang ke sini harus pulang paling tidak sore harinya karena biasanya tujuan utama hanyalah melihat  Maya Beach. Nah inilah kesalahkaprahan yang sering terjadi di kalangan turis dari Indonesia, yang merasa bisa menginap di pantai Maya.

Ingin lihat keindahannya ?
Phi Phi Leh
Maya Beach menjadi terkenal setelah menjadi lokasi syuting film The Beach yang dibintangi Leonardo di Caprio. Sebuah pantai yang tenang dan terlindung sehingga menyerupai hidden beach. Airnya yang berwarna hijau turqoise menambah indah pantai ini. Pulau Phi Phi Leh ini sebenarnya cuma seluas 6 km persegi, berupa pegunungan limestone yang materinya mengandung calcium carbonate, makanya air di sini berwarna kehijauan.

Untuk menuju ke sini, kita dapat menyewa speedboat atau long boat dari Phi Phi Don. Boat ini dapat disewa dari puluhan agen yang bertebaran di dekat ferry pier Phi Phi Don. Supaya murah, Anda dapat melakukan mencari partner sharing 8-10 orang (sebelum masuk ke kantor agent) atau memilih boat umum.

Untuk kenyamanan, sebaiknya tiba ke sini sebelum jam 9 pagi. Lewat dari jam ini Maya Beach sudah diserbu ratusan turis yang datang dari Phuket menggunakan kapal ferry besar sehingga tidak bisa bebas berfoto lagi.

Praktis tidak ada infrastruktur di pulau ini selain toilet, jadi jika Anda cuma ingin datang berfoto rasanya cukup 30 menit sudah selesai. Supaya berkesan, Anda sebaiknya berenang atau melakukan snorkeling di sini. Masak ke sini cuma berfoto-foto? Peralatan snorkeling bawa sendiri, atau sewa sebelumnya dari Phuket atau Phi Phi Don. Jika tidak mau menginap di Phi-phi don, anda bisa mengikuti 1 day tour dari Phuket seharga mulai dari 800b/ orang ( Contact us ! )
perkampungan turis mancanegara
Phi Phi Don
Jika ada yang bilang tinggal di Phi Phi Island, pastilah yang dimaksud adalah tinggal di pulau Phi Phi Don. Luasnya 28 km persegi, kebanyakan adalah hotel, restoran, serta toko-toko. Tidak ada kendaraan karena jalanan berupa pavement selebar 1-3 meter. Menjelajah pulau ini cuma bermodal jalan kaki, atau menyewa sepeda, dan  mau pakai baju atau telanjang dada ala bule.

Terdapat beberapa pantai namun yang dikenal adalah Ton Sai Beach dan Loh Dalam. Ton Sai adalah dermaga tempat boat dan ferry bersandar, jika ingin main air dan berenang sebaiknya ke Loh Dalam. Garis Ao (Pantai) Loh Dalam cukup panjang, mau berjemur (ada yang naked lho) atau berenang hingga puas. Jika suka hiking, bisa naik ke viewpoint di atas bukit.

Guest house bertebaran dan sangat banyak, umumnya terletak ‘agak dalam’ disebut downtown, tidak dipinggir pantai. Kebiasaan turis bule biasanya adalah go-show, tidak perlu booking dulu, namun untuk peak season di bulan Desember-January occupancy pulau ini 100%, sampai-sampai ada yang bermalam di pantai.

Propinsi Phang Nga
 Alam Phang Nga memiliki atraksi yang sangat beda:
  • Menyaksikan keajaiban geologi di Phang Nga Bay National Park, dengan gua terbenam dan formasi batuan yang menjulang dari laut.
  • Mengunjungi James Bond Island yang aneh, muncul di film The Man with the Golden Gun.
  •  Ko Similan - 9 pulau cagar alam yang terbuat dari granit ini, sangat terkenal untuk menyelam dan snorkeling. 
  •  Mengunjungi pulau nelayan Muslim, Panyee Island
  •  Pulau Thalu dengan gua lautnya
  •  Khao Khien, tempat iguana berenang yang langka
Surat Thani (Ko Samui dan Ko Phang Ngan)
 Di sejarah, Surat Thani adalah bagian dari kerajaan Sriwijaya, dengan kota tua Chaiya. Kunjungi Phra Boromthat Chaiya, dengan arsitektur Sriwijaya yang otentik dan menyimpan relik Sang Buddha.Terkenal dengan perkebunan kelapa yang dipetik oleh monyet-monyet cerdik.

  • Terdapat salah satu pulau paling romantis, Ko Samui. Pulau ini terkenal dengan pantainya yang bersih dan panjang, lengkap dengan resor, restoran dan tempat hiburan
  • Para penyelam suka menuju pulau Phang Ngan dan Tao island yang memiliki karang dan pemandangan bawah laut yang mempesona.
  • Di Ko Phang Ngan ini pula diadakan Full Moon Party (rave party ala Ibiza) setiap bulannya, didatangi oleh wisatawan dari seluruh dunia
  •  Di sebelah barat, terdapat Ang Thong National Park dengan 40 pulau berpantai cantik, air jernih dan formasi batuan yang mempesona. Di bagian dalam, terdapat Khao Sok National Park dengan wisata ekologinya yang menawan berkat banyaknya variasi flora dan fauna.