Makanan Halal di Bangkok

By | 21:59

Banyak klien yang menanyakan dimana mencari makanan halal di Bangkok. Tidak terlalu sulit, asal mau jeli sedikit mencarinya, walau mungkin pilihannya lebih terbatas. 

Hampir disetiap mall atau food court biasanya ada satu atau dua  counter yang menyediakan makanan halal, dengan tempelan tulisan halal di kaca etalasenya

Dan jika ingin makan dari street food, biasanya ada tanda "halal" juga  yang terpasang di gerobak tersebut.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa populasi Muslim adalah yang terbesar ke 2 di Thailand, setelah Buddhist, tentunya. Dan sebagai salah satu kota favorit turis dunia, Bangkok pun dipenuhi turis asal Timur Tengah yang tentu juga membutuhkan makanan Halal.

Oleh karena itu tidak sulit menemukan tempat yang menjual makanan halal, tetapi memang tergantung selera saja, karena hampir dipastikan yang muncul adalah makanan khas timur tengah seperti nasi briyani, kari kambing dan sejenisnya.

Nah jika menu tersebut kurang cocok di lidah,  makan saja di fast food dengan menu yang familiar dan standar seperti di KFC/McD, Burger King, Grill Chester, dan A & W , dan lihat sertifikat " Halal"  di dinding. 

Untuk makan pagi atau sekedar mengganjal perut sementara, bisa pergi ke 7/11 atau Family Mart dan membeli frozen food nasi seharga mulai dari 40 b, yang bisa langsung di microwave oleh sang kasir.  Tapi baca dahulu dengan jelas, daging apa yang terkandung didalamnya.

Dan jika ada bazaar di suatu tempat, di stand yang menjual makanan Halal juga ada tulisan sehingga mempermudah bagi yang ingin mencarinya.

Beberapa tempat makan yang menjual makanan Halal 

menurut daerah

Daerah Sukhumvit
Restoran Usman, yang berada di samping Hotel Imperial Regency di Soi 22 Sukhumvit (BTS Phrompong , exit 6) . Meskipun tempatnya kecil dan berada di gang kecil, namun nyaman, dan cukup lengkap menu Indonesianya. Dan yang pasti harganya masih terjangkau, kisaran 50 bath. Info lengkap baca ini

Restoran Alisha, yang berada di Sukhumvit  Soi 13, 5 menit jalan dari Nana BTS Station (Exit 3)

Sekitar Sukhumvit soi 3 dikenal sebagai "Little Arabia",  ada banyak restoran yang melayani komunitas Muslim.

Daerah Siam Square : Siam Centre (antara Siam Discovery dan Siam Paragon)
Di area food court Food Republic , ada sebuah counter yang bernama "Khomoksiam-Indo". Ada keterangan bahwa usaha ini dimulai dari keluarga muslim dair Indonesia yang mencoba bisnis di bidang kuliner. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal.

Daerah National Stadium
Di MBK, mall favorit turis Indonesia, setidaknya paling tidak ada 3 lokasi yang menyediakan makanan halal.

Yang pertama adalah Restoran Yana (Yana Restaurant, Thai & International Halal Food) di lantai 5. Restoran ini menyediakan masakan khas Thailand (tom yum dan som tam) dan menu internasional (steak,dll )

Lokasi kedua adalah The Fifth Food Avenue, sekumpulan restoran dengan menu dari berbagai negara. Lokasinya tepat di seberang Yana Restaurant. Di dalamnya ada restoran Indonesia (halal) bernama ‘Indonesian Food by Jimbaran Bali’.

Di lantai 6, ada food court yang di dalamnya ada kios yang menjual makanan halal juga.

Di soi Chula 8, gang sebelah National Stadium - sebelah MBK.Turun dari skytrain di stasiun National Stadium, ambil jalan Exit 2, dan berjalan sejajar rel skytrain. Di sebelah kiri akan anda temui Soi Chula 8. Tepat di pojok kiri soi Chula itulah depot makanan halal berada. Menu standar masakan rumahan Thailand muslim: nasi briyani ayam, lauk pauk ikan, tumis sayuran, sop buntut, daging sapi goreng, tomyam, dan sebagainya. Harga tak terlalu mahal. Satu set nasi, sayur, dan lauk berkisar antara 40-50 baht.

Daerah BTS Ratchathewi
Di dekat stasiun BTS Ratchathewi (satu halte dari Siam), turun di pintu keluar sebelah kanan 7-11 (Phayathai rd - balik ke kiri menuju Petchaburi Rd).

Menyeberang jalan - dan belok kiri pada Petchaburi - adalah Jl. Petachaburi soi 7 atau yang biasa disebut soi Surao (karena ada masjid di soi ini).Lokasi Soi Surao ini hanya sekitar 3 menit jalan kaki dari stasiun BTS Ratchatewi.

Resturant Mak Yah  yang dimiliki dan dijalankan oleh Muslim Thailand (yang juga berbicara Melayu) dan makanan ini gaya Asia Tenggara dan masakan Thailand telah cukup otentik.

Kalau kita masuk ke soi 7, tak jauh dari masjid bertebaran warung-warung makanan halal dan penjual muslim makanan kecil atau ayam panggang di pinggir soi. Sebut saja warung Hayati, warung Ali Selatan, Restoran Farida Fatornee , Pasar Ramdhan, dan lainnya.

Restorant Bunga Tanjong yang  terletak di soi 7, tempatnya tepat di ujung jalan sebelum berbelok ke soi 7. Tempat ini buka dari jam 12 siang sampai jam 12 malam.

Info lengkap tentang lokasi soi & baca di sini

Daerah Pratunam
Di Indra Plaza  (connected dengan Indra Regent Hotel)
 
Tepat di sebelah First Hotel ada restorant Halal ala timur tengah

Kali lima dekat First Hotel, tepatnya di dekat McDonald, menjajakan dagangannya di atas gerobak dorong dan biasanya hanya ada di waktu pagi hari jadi cocok untuk sarapan. Di gerobaknya tertulis حلال dan makanan yang disediakan martabak dan ayam goreng,  nasi dan minuman hangat juga ada.

Dekat Baiyoke Sky Hotel, Maedah Restaurant. Walk down straight from Baiyoke Sky Hotel. Turn right at the first turn. It is directly opposite a shop called Mini Me selling children's clothes.


Soi 17 (Petchburi Road Soi.17) didepan"Phantip Plaza". Di gang (jalanan kecil), seperti sebuah kios rumah makan, indikasi apakah toko tersebut halal atau tidak anda dapat melihat dibagian dalam toko dan gerobak yang ada.Bisa dilihat tulisan-tulisan ayat Qur'an(huruf Arab). Sebaiknya jika ingin meyakinkan tanya terlebih dahulu apakah makanan yang dijual halal atau tidak

Halal counter di foodcourt di Platinum Mall food court.

Daerah Phaya Thai
Bang Dee Restaurant, Soi Aram Sii-Phyathai Road

Daerah Pier Tha Thien, dekat Wat Po- Wat Arun
Ada penjual makanan halal terletak dekat dermaga untuk menyebrang ke Wat Po

Daerah Phra Athit
Ada beberapa restaurant vegetarian yaitu Chai & Louis Vegetarian Restaurant dan Mai Kaidee Vegetarian Restaurant. 

Di sore hari banyak vendor Muslim menjual makanan di dekat Fort Sumen dan di area Masjid Cakraphong, tidak jauh dari Khao San Road dan Phra Athit Pier.

5633358935 0008f41828 o Khao Mok Gai   hidden in the midst of Khao San RoadDaerah Banglamphoo / Khao San Road
Aeisah Rosdee dekat Wat Bowonniwet.
Sara Halal di dalam New World City Hotel.
Areesaa Lote Dee อาอีซะฮ์ รสดีอาอีซะฮ์ รสดี (Khao Mok Gai Khao near Khao San Road)

Di Sathorn
Kedai makanan kecil halal terletak di Sathorn Soi 12. Lokasi tepat berada di sebelah The Adress Sathorn, Stasiun BTS terdekat adalah Chong Nongsi.

Di Silo
Kedai Huda di foodcourt on Silom Road Soi 36, deakt Silom junction, sekitar 600m dari Shangri La Hotel dan 400m dari  Oriental Hotel & Oriental Pier.

Deen Restaurant , dekat Wat Kaek (Silom 15 Bus Stop)

Di Chinatown
Bahkan, di kawasan ini pun, anda bisa menemukan makanan halal di RESTAURANT MUSLIM, kari super lezat disajikan dengan telur rebus, bersama dengan sajian tusuk sate daging sapi lezat dengan saus kacang.

Di Bang Rak Market antara Thanon Charoenkrung Soi 44 and 48.   BTS Station Saphan Taksin, Exit 1

Tofa Easy Halal Cafe, Junction  Thanon Ratchabophit and Thanon Tithong

Home Cuisine Islamic Restaurant Bangrak, sebrang lapangan parkir Kedubes Prancis , sekitar 15 menit jalan  dari Saphan Taksin BTS station.

Di Chatuchak
Ada warung 'Saman Islam vendor di  dalam soi 24 , dekat tugu jam di tengah pasar Chatucak yang menawarkan pilihan macam makanan dari briyani nasi dengan ayam, tom yam, berbagai macam menu mie.

Jangan takut kelaparan kalau di Chatucak,  tersedia banyak stand makanan tertulis label حلال , kalaupun tidak mencantumkan label halal kita bisa bertanya atau menyatakan kalau kita tidak mengkonsumsi  makanan yang mengandung tidak halal.

Kah Jak terletak dekat 'Saman Islam' , harga makanan sekitar 50-70B

Kedai The yellow chicken rice (khao mok kai) dekat tanda Toilet 3 , di Section 5 yang bersebrangan dengan Section 14. Info lengkap baca ini

Rahmatullah, dekat dengan stasiun MRT Khampang Phet, menjual berbagai macam kebab

Di Airport
Di airport, ada tempat makan halal di luar hall concourse untuk publik penjemputan. Letaknya di food court lantai 1. Nama food court tersebut adalah : MAGIC FOOD POINT.  Ada satu konter yang menjual makanan halal (nasi, sayuran, dan lauk pauk) yang berada di pojok. Kalau kita melangkah masuk ke Food Court, konter ini ada di sebelah kiri (anda harus berbelok ke kiri) dan akan melihat petunjuk konter tersebut. Kabar baiknya adalah harga makanan di sini tidak semahal restoran-restoran yang ada di lantai atas, sangat pas untuk budget traveller, dan makanan juga enak.

Selain itu ada The Miracle – Food Village, yang merupakan kelompok konter yang menjual makanan halal. Tempat ini terletak di lantai 3 di antara jejeran banyak restoran. Mudah menemukan tempat ini. Modelnya seperti rumah kecil di depan/di seberang deretan restoran atau kafe lain.
Seorang klien bahkan menyiapkan tulisan Thai ฉันไม่กินหมู di baca Mai Ao Muu Khaa artinya saya tidak makan babi, tulisan Thai ini di print dan di laminating ,maksudnya supaya tidak mudah lecek karena akan sering di gunakan untuk membeli makanan, atau men save nya di handphone dan ditunjukan kepada penjual makanan jika meragukan ke halal annya
 (untuk wanita, maka setiap akhiran kalimat harus tambahkan " Khaa")...Jadinya  "Mai Ao Muu Khaa", kalo pria jadinya: "Mai Ao Muu Krub"....)

Selain itu tentu saja di sekitar mesjid2 akan ditemukan resto Halal Food.
Baca posting tentang lokasi mesjid di notes ini

Untuk makanan halal & mesjid di Pattaya, lihat ini
sebagian dikutip dari papayapokpok.wordpress.com
Newer Post Older Post Home