Review Phuket FantaSea

-
Phuket FantaSea adalah salah satu agenda yang menurut buku-buku acuan atau website travelling adalah salah satu aktivitas "wajib" yang harus didatangi jika berkunjung ke Phuket.

Dengan ratusan pemain termasuk artis trapeze, gajah  dan hewan lain , show ini memadukan tradisi dengan fantasi.   Fantasea juga menjadi tuan rumah salah satu buffet terbesar di Asia , The Golden Kinnaree dengan 4,000 kursi, dan seperti sebuah "Theme park" mini yang mencampurkan mitos dan legenda  Thailand dan variasi kuil tradisional dengan taman bermain yang menyenangkan. dengan banyak permainan, dan toko-toko souvenirs , Istana Gajah, Harimau putih, dll. 

Tetapi karena harga tiketnya tidak termasuk murah ( mulai dari 1800b) , harus dipertimbangkan terlebih dahulu apakah mau atau tidak menontonnya ? Berikut ini adalah kompilasi review dari blog-blog lain, silahkan putuskan apakah anda mau menontonnya, atau melewatkannya saja.
Review 1
Kita dijemput jam 5 tepat di hotel kita oleh orang berseragam aneh. Dijadwal yang kita dapat dari travel, makan malam mulai tersedia sejak pukul 6 sore dan pertunjukan nya sendiri baru dimulai jam 9. Sebelum jam 6 kita sudah tiba di pintu gerbang Phuket FantaSea dan disambut oleh mbak-mbak berpakaian tradisional Thailand yang sangat bersemangat dengan senyuman mengembang dan langsung digiring ke tempat penukaran tiket. Tanda terima dari travel di tukar dengan tiket asli yang ada nomor tempat duduk nya
Tiket
Ternyata Phuket FantaSea itu bukan cuman sekedar pertunjukan saja, tapi di dalam kompleks nya yang luas itu banyak toko-toko souvenir. Bangunannya unik-unik, harga barang yang dijual di dalamnya lumayan mahal.

Ada kecemasan tersendiri sesaat sebelum masuk ke Golden Kinnaree.

Saya tiba-tiba kepikiran,"Eh Cha, tadi sama mba di travel dibilangin ga kalo dapet minum ?" Soalnya kalo makan buffet di restoran atau hotel gitu ada beberapa tempat yang tidak menyediakan minum, jadi minum nya musti beli dan biasanya harga nya mahal.

"Wah ga nanya tadi. Yaudah kalo gitu ntar kalo ga dapet minum cari makanan yang ada kuah-kuah nya aja supaya ga usah beli minum."

Sampe di dalem kita agak lega karena ternyata disediakan air es di gelas.

Tapi kecemasan saya belum usai, " eh Cha, ini minum nya cuman segini ? dikit amat.. kalo gitu musti hemat-hemat nih."

Chacha pun berteori," jangan-jangan kita dikasih minum cuman dikit ini taktik supaya kita beli minuman dari sini," sambil nunjukin daftar menu minuman yang dipajang di meja kita.

Setelah berjuang menghemat air minum, sampe seret-seret makannya. Ternyata setelah makanan saya habis semua datang mbak-mbak yang tiba-tiba nuangin air es lagi sampe penuh ke gelas saya yang nyaris kosong. Owalaaaaah.. refill toh. Kenapa ga bilang dari tadi toh mbak... ????

Saya baru menemukan lokasi halal food section yang bersertifikat pas saya keliling cari dessert buah-buahan. Di kejauhan saya melihat ibu-ibu berwajah timur tengah berkerudung lagi ngambil makanan di pojokan. Baru deh saya liat keterangannya "Halal Food". Pas saya deketin di temboknya dipajang sertifikat halal. Weeeh.....

Review 2
Mobil Jemputan Phuket FantaSea
Acara pertama kami adalah menonton show Phuket Fantasea, kami beli paket yang sudah termasuk antar-jemput dan international buffet dinner. Penjemput akan datang jam 17.30 sehingga kamipun hanya punya waktu sebentar untuk istirahat dan mandi.

Belom sampai 17.30 penjemput kami sudah datang. Kamipun buru-buru turun. Kami dijemput oleh mobil khusus dari Phuket Fantasea. Mobil-mobil ini disebar untuk menjemput tamu-tamu, mereka membagi-nya berdasarkan letak hotel para tamu. Rombongan kami yang pertama kali dijemput sehingga kami pun masih mampir ke 3 hotel lagi untuk menjemput tamu lainnya sehingga akhirnya mobilpun penuh. Total ada 12 orang. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit kami sudah tiba. Suasana sangat ramai. Mobil-mobil penjemput terus saja berdatangan. Satu hal yang saya inget banget walapun orang sebegitu banyaknya, dan segala sesuatunya harus antri tapi dapat dilakukan dengan cepat dan teratur.

Pertama kita harus menukar kuitansi booking dengan tiket masuk. Di pintu antrian seorang "lady-boy" menyambut kami dan menerangkan bahwa cukup 1 orang saja yang mengantri yang lain silahkan tunggu.  Kuitansi saya tukar dengan tiket yang berupa sticker. Jadi ticket tersebut dibagi jadi beberapa potongan, 1 no tempat duduk untuk nonton show dan 1 lagi ternyata no meja untuk buffet dinner. Setelah mendapat tiket saya menyempatkan diri untuk foto-foto juga mumpung masih terang kalo sudah gelap pasti gak akan terlihat jelas. setelah puas foto-foto baru den masuk ke dalam.

Game ZoneSuasana di dalam lebih terlihat seperti pasar malam dibanding theme park. Di jalan utama berderet toko-toko yang menjual bermacam-macam barang. dari mulai souvenir, perhiasan, kaos, baju, boneka, dll. keluar masuk toko dan foto-foto di spot yang bagus. Ketika berjalan-jalan saya bertemu dengan beberapa cewek yang berdadan dengan menggunakan baju khas thailand saya pikir mereka adalah mungkin penjaga toko atau bahkan salah satu pemain yang akan ikut show nanti (seperti lady boy di depan tadi itu hehe). Tapi ternyata saya salah mereka adalah pengunjung seperti saya yang ingin difoto dengan menggunakan pakaian khas thailand. Saya baru tahu ketika kembali melihat-lihat deretan toko-toko yang sebelomnya sudah kami lewati tapi gak ngeh. Kenapa sekarang ngeh?? karena di depan toko tersebut ada seorang (lagi-lagi) lady-boy yang promosi dan mempengaruhi kami. Dia bilang cuma sebentar aja, make up-ganti baju dan foto paling hanya sekitar 30 menit aja dan foto bisa diambil setelah pertunjukan selesai. Hehehe terpengaruh akhirnya kami mengiyakan dan masuk ke dalam.

Pertama kami memlih baju sesuai warna yang kami inginkan kemudian antri untuk ganti. Disediakan loker untuk menyimpan barang-barang kita. Setelah ganti baju kemudian dipakaikan asesorisnya dari mulai kepala, lengan, tangan, telinga, leher dan terakhir ikat pinggang setelah beres baru deh dimake-up. Setelah itu mulai deh berfoto-foto. Sekali indoor (difoto-nya sih berkali-kali) dan sekali outdoor. Pas foto outdoor ini lah kami baru ngeh...oohhh jadi yang tadi kita lihat mondar-mandir pake baju khas itu rupanya mau foto toh... hehe akhirnya kamipun berfoto beberapa kali dengan gaya yang saya yakin pasti dah standard banget deh. Abis si fotografer dah apal bener sih....setelah jadi "model" selesai kami pun segera kembali untuk berganti pakaian dan terburu-buru ke tempat show karena sebentar lagi pertunjukan akan dimulai.

Sebelom jadi model tadi, kami mengisi perut dulu yang sudah keroncongan. Di sini ada beberapa resto dan khusus yang untuk buffet dinner di Kinaree Restaurant. yaaa ampun ini resto gueedeeee pisan dan gak usah khawatir buat anda yang muslim karena tersedia vegetarian dan halal food. Ada tandanya kok jadi Anda gak akan salah ambil :D Waiternya gak jelas deh ngomong apa, jadi kami langsung aja masuk dan pilih tempat duduk sendiri tapi ternyata baru kami ketahui no yang ada di tiket tadi adalah no meja. Jadi seharusnya kami duduk sesuai dengan no tiket. Mereka sudah memabagi-nya sehingga tamu tidak rebutan duduk dan tertib kali yaaa...daripada malu kalo nanti yang punya kursi datang akhirnya kamipun memutuskan untuk pindah dan mencari meja kami hehehe dasar, mungkin karena sudah terlalu lapar jadi konsentrasi kami menurun haha cari alasan aja deh....

Seating Plan for Fantasea
gold / standar seat ?
Akhirnya kami pun menuju ke tempat show. Silahkan perhatikan no tempat duduk Anda dan masuk lewat mana. Walaupun antri tapi tertib dan cepat. Ketika kami mengantri kami ada terpampang pengumuman bahwa semua kamera, hape ataupun camcorder harus dititipkan. Agak-agak gak percaya sih ketika baca itu. Apa iya orang segini banyak mereka mau periksa-in tas-nya satu-satu? huaaaa ternyata bener aja...ketika kami mengantri itu, untuk pemeriksaan tas dan penitipan barang-barang yang harus dititip itu. Dimasukan dalam satu kantong dan kami dikasih tanda terimanya. Sama seperti tanda terima kalo kita titip di supermarket. Akhirnya kami pun pasrah menitipkan kamera dan hape kami. Lalu terus mencari tempat duduk kami. Dan tidak lama kemudian pertunjukanpun dimulai.

Sebenernya saya agak-agak lupa nih pertunjukannya mengenai apa, karena kombinasi antara kekenyangan dan waktu sudah menunjukan waktunya tidur. Jadi sambil menahan ngantuk kami menonton, bahkan ada teman saya yang malah ketiduran. Katanya orang-orang sih bagus ya. Tapi buat saya yang menarik cuma akrobatnya. selebihnya saya ngantuk hehehe.....so silahkan interpretasikan sendiri jalannya pertunjukan :D
Setelah selesai buru-buru deh turun karena kami membayangkan antrian yang akan kami hadapi untuk mengambil barang yang kami titikan tadi. Tapi ternyata gak juga lho...tanda terima tadi bentuknya bulat pipih, satu sisi berwarna ada yang merah, biru, hijau dan kuning dan di satu sisi-nya lagi da nomor. Ternyata itu menunjukan di mana kita harus mengantri. Dan benar aja saya hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit sudah bisa mengambil kembali barang-barang saya. Dan lagi-lagi kami antri untuk naik ke mobil yang akan membawa kami kembali ke hotel. Antrian dibagi berdasarkan area hotel. Kami mengantri di jurusan Patong dan kebetulan lagi antriannya masih sedikit. Mobil ke-2 kami sudah duduk manis dalam mobil.

Review 3

Mendekati jam 9 malam, kita harus bergegas ke Elephant Kingdom Theater. Di teater inilah pertunjukan utama Phuket Fantasea akan digelar. Dan, terjawab sudah alasan yang bikin tiket masuk Phuket Fantasea sampe segitu mahalnya.
Phuket FantaSea

Gue bener-bener takjub ngelihat pertunjukan ini. Bukan cuma mewah, tapi teknologi yang mereka pakai juga canggih banget. Show ini terbagi menjadi beberapa bagian. Setiap satu show selesai, tirai panggung akan ditutup, dilanjutkan dengan show di depan tirai yang tertutup itu. Lalu ketika tirai kembali dibuka… taraaaa… setting panggungnya udah berubah 180 derajat!

Setting panggung yang paling gue suka itu waktu show tentang bidadari yang turun ke air terjun dari kayangan. Dan penari yang berperan sebagai bidadari itu emang bener-bener turun dari atas sampe ke bawah loh. Bener-bener kayak ngelihat bidadari yang baru turun dari langit.

Lalu soal show itu sendiri, gue paling suka sama tarian yang dilakukan di langit-langit teater! Lampu teater dimatikan sehingga penonton cuma bisa melihat penari yang mengenakan body suit yang glow in the dark di atas langit-langit teater itu! Kesannya kayak ngelihat orang menari dalam keadaan terbang gitu…

Show lain yang juga gue suka adalah waktu pertunjukan sulap. Sulapnya sih termasuk standar lah ya. Penonton ditaruh di atas meja sulap, lalu badannya dibelah pakai roda gergaji sehingga badannya pun terbagi dua. Terus cewek yang dimasukkin ke dalam boks, lalu boks ditutup kain dan diterbangkan, lalu ketika boks itu dibuka, cewek tadi udah berubah jadi macan! Sulap terakhir, gajah ditutup kain, diterbangkan, lalu gajah itu dihilangkan hanya dalam sekejap mata. See, sulap yang udah pasaran kan? Tapi tetep aja… sensasinya beda saat nonton pertunjukan serupa di layar tv dengan nonton langsung di depan panggungnya.

Selain itu, gue sempet sampe merinding waktu ngelihat tarian pembuka, dan juga tarian yang menceritakan usaha seorang cowok dalam merebut hati cewek idamannya. Kayaknya romantis dan lucu aja gitu. Chemistry pasangan muda-mudi itu dapet banget sehingga bikin penonton ikut terhanyut…  Oh ya, pada show session ini, ceritanya hujan lebat turun disertai petir yang kelihatan seperti beneran turun hujan dan beneran ada petir di dalam ruangan!

Sayangnya, enggak semua show session cukup menarik untuk dilihat. Ada beberapa tarian tradisional yang menurut gue, kelihatan membosankan. Mungkin karena gue emang bukan tipe orang yang suka sama tarian tradisional kali ya… Tapi overall, gue tetep suka sama pertunjukan ini. Salut aja orang-orang dari Thailand yang notabene enggak terlalu jauh dari Indonesia bisa bikin pertunjukan yang fantastis seperti itu.

Akhir kata gue sarankan, kalo emang ada budget lebih, nggak ada ruginya kok, mampir ke Phuket Fantasea. Suasananya menyenangkan dan rangkaian pertunjukannya pun mayoritas memanjakan mata. Dan jangan lupa, siapin memory space dan baterai kamera yang cukup buat dibawa ke tempat ini, hehehehe.
phuket fantasea Phuket

nb : tiket untuk menonton Phuket Fantasea ada 3 pilihan harga, yaitu  :
Menonton saja
Dengan Antar Jemput
Dengan makan buffet all you can eat
17.30 AM :  Taman dibuka
18.00 AM
Makan malam
20.30 PM :  pintu gerbang
dibuka
21.00 AM : show dimulai
22.30 PM : show selesai

(Pertunjukan Setiap hari kecuali Kamis malam)