Kuliner Thai part 1

Sebagai negara yang sama-sama terletak dalam benua Asia Tenggara, Thailand menyajikan ragam kuliner dan rasa yang hampir serupa dengan Indonesia. Popularitas makanan Thailand memang tak perlu diragukan lagi.

Konon, makanan Thailand adalah salah satu jenis makanan yang paling disukai di seluruh dunia disamping makanan China. Nah, jika selama ini Anda menyukai cita rasa Thai food yang ada di negara lain, tentu Anda juga tak sabar ingin mencicipi kenikmatannya di negara asalnya sendiri, bukan ?

http://www.malagor.co.uk/images/food.jpg
Banyak yang mengatakan bahwa makanan khas suatu negara biasanya justru dapat dengan mudah ditemukan di ’jalanan’. Cobalah untuk menyusuri resto-resto kecil atau warung yang terletak di jalanan nan sempit dan temukan ’the real authentic Thai cuisine in affordable price’. 
Selain itu, jika anda ingin mencoba makanan pinggir jalan, para penjual biasanya tidak mengerti bahasa Inggris, tapi jangan khawatir, anda tinggal senyum sedikit dan dengan sopan menunjuk apa yang ingin anda beli. Para penjual mungkin akan berbicara kepada Anda dalam bahasa Thai , apalagi karena wajah bangsa kita setipe dengan local people.

Anda dapat mencoba mengatakan 'mai khao jai' ('Saya tidak mengerti') atau 'phut Thai mai dai' ('Saya tidak dapat berbicara Thai'). Jika Anda ingat untuk menambahkan 'khap' (jika Anda laki-laki) atau 'ka' (jika anda perempuan) setelah kalimat itu membuatnya sangat sopan.
Tentu saja jangan takut mencoba makanan pinggir jalan di sana, karena higienitas para penjual jauh melebihi kebiasaan di Indonesia. Mereka memakai celemek, topi/hairnet, bahkan kertas pembungkus makanan pun baru, bukan bekas ujian seperti kebiasaan para penjual di Indonesia ! :D
Tetapi, adakalanya menu makanan yang ada di restaurant atau di gerobak para penjual itu hanya memakai tulisan 'cacing" Thai dan tidak ada bahasa Inggrisnya sama sekali ! 

https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/564x/af/ec/5e/afec5e449e9039ad5f27236d4332bb55.jpgKarena itu bagi kaum muslim, cukup riskan untuk makan tanpa mengetahui daging apa yang terkandung di dalam makanan tersebut. Karena banyak menu makanan berat yang dihidangkan jenis dagingnya sangat beragam mulai dari ayam, cumi-cumi, ikan kering, katak, daging sapi, daging babi, berbagai jenis belalang, sosis dari bermacam bahan (termasuk sosis vegetarian) dan banyak lagi. Yang paling praktis adalah melihat apakah ada tulisan "gai" atau ayam , "moo" atau babi ( bukan sapi ya..)

Oleh karena itu, silahkan membaca daftar makanan Thailand yang paling terkenal, dilengkapi dengan bahasa dan tulisan Thainya, untuk mempermudah jika anda ingin memesannya di restauran dengan pelayan yang tidak mengerti bahasa Inggris. ( bagian 2 tentang snacks & minuman & dessert, klik ini ) Tetapi kami tidak bertanggung jawab jika anda langsung meneteskan air liur !
                 Nasi
Khao Pad Tom Yum (Tom Yum Fried Rice) ข้าวผัดต้มย 
Khao Pad Goong (Fried Rice Shrimp) ข้าวผัดกุ้ง
Joke (Rice Porridge) โจ๊ก 
Signature dishes
Tom Yum Goong (Spicy Thai Soup w/ Shrimp) ต้มยำกุ้ง
 Som Tam (Thai Green Papaya Salad) ส้มตำ 
Pad Thai (Thai Fried Noodles) ผัดไทย 

Yam Mamuang (Green Mango Salad) ยำมะม่วง
Daging Ayam

Khao Man Gai (Chicken and Rice) ข้าวมันไก่
Baca The Best Khao Man Gai di sini

Kuay Teow Kua Gai (Rice Noodles w/ Chicken and Eggs) ก๋วยเตี๋ยวคั่วไก่

Khao Mok Gai (Rice and Chicken Biryani) HALAL ! ข้าวหม

gai pat met mamuang himmapaan (stir-fried chicken with cashew nuts)

Pad Gra Pao Gai Kai Dao (Thai Basil Chicken and Fried Egg) ผัดกะเพราไก่ไข่ดาว

Gai Pad Pongali (Thai Yellow Egg Curry w/ Chicken) ไก่ผัดผงกะหรี

Gai Yang (Grilled Chicken) ไก่ย่าง

Gai Tod (Fried Chicken) ไก่ทอด
Daging Babi

Khao Moo Tod Gratiem (Deep Fried Pork) ข้าวหมูทอดกระเทียม

Khao Neow Moo Ping (Grilled Pork with Sticky Rice) ข้าวเหนียวหมูปิ้ง

Kai Jeow Moo Saap (Thai Pork Omelet) ไข่เจียวหมูสับ
Daging Bebek

Khao Na Bpet (boiled duck ) ข้าวหน้าเป็ด

Ba Mee Bpet (Egg Noodles w/ Duck) บะหมี่เป็ด
Daging Lainnya

Pla Kapung Neung Manao (Steamed Lime Fish) ปลากะพงนึ่งมะนาว

Hoy Tod (Oyster Omelet) หอยทอด

Yam Pla Duk Foo (Deep Fried Cat Fish Fluff) ยำปลาดุกฟ
Sayuran

Pad Pak Bung Fai Daeng (Morning Glory) ผัดผักบุ้งไฟแดง

Pad Pak Ruam Mit (Stir Fried Vegetables) ผัดผักรวมมิตร

Pad Sataw (Stink Beans) ผัดสะตอ
Dan Lain - lain

mataba neua (Beef mixture in fried pastry) มะตะบะ เนื้อ

Pad Thai Hor Kai (Pan-fried noodles wrapped in an omelette)ผัดไทห่อไข่
pad thai giaow gro  (Pad Thai with Deep Fried Wontons) ผัดไทเกี๊ยวกรอบ

NB : Orang Thailand mencintai makanan mereka. Mereka juga ingin turis mencintai makanan mereka. Jika Anda mau, dapat memberitahu pemilik restoran, koki atau pelayan bahwa makanan itu enak dengan pujian "Aroy" , anda akan menerima sambutan hangat pada saat anda kembali. Dan bahkan jika itu tidak enak, senyum , bilang 'Aroy' dan jangan kembali ke sana lagi!
https://huahin.regency.hyatt.com/content/dam/PropertyWebsites/regency/huahi/Media/All/Hyatt-Regency-Hua-Hin-P242-Talay-Thai-Thai-Food-Set.masthead-feature-panel-medium.jpg
Ingin tahu lebih banyak lagi ? Klik link ini dan ini