MBK Bangkok

Belum jalan-jalan ke MBK rasanya tidak 'sah' ketika datang ke Bangkok. Mahboonkrong atau disingkat MBK adalah mall yang paling populer diantara wisatawan maupun penduduk lokal. Delapan lantai berisi sekitar 2.500 toko yang menjual segala sesuatu mulai dari pakaian, aksesoris , tas, money changer, toko emas, am tangan murah, kosmetik, furnitur, telepon seluler, kamera, alat tulis dan DVD, salon, 150 restoran, bioskop mewah, fasilitas karaoke modern, komputer arcade game , dan banyak lainnya lagi.

Walaupun tidak semewah tetangganya Siam  Paragon yang gemerlap, tapi MBK menawarkan berbagai macam barang yang lebih murah, bahkan masih bisa ditawar ! Dibuka pada tahun 1985,MBK adalah salah satu pusat perbelanjaan tertua dan terbesar di Asia, diperkirakan dalam 1 hari dikunjungi oleh sekitar 115.000 orang, dimana setengah dari mereka adalah para ABG Thailand karena terletak dekat sebuah universitas, termasuk 35.000 wisatawan dari seluruh dunia, oleh karena itu rata-rata penjaga toko cukup bisa berbahasa Inggris. Tetapi tetap sebaiknya anda membawa kalkulator untuk kemudahan tawar-menawar. 
very crowded !
IMG_8483
cukup membingungkan saking luasnya

Terletak di area Siam Square tepat di depan stasion BTS National Stadium station (W1),dan terkoneksi langsung dengan jembatan penghubung dengan Siam Center dan Siam Paragon. Buka dari jam 10.00 - 22.00.

Yang menarik adalah sebelum membuka tokonya, para petugas / shopkeeper akan menunggu di pintu masuk utama, dan setelah lagu kerajaan dikumandangkan, akan mempersilahkan para pengunjung untuk masuk dengan sopan. Lantai 1-3 banyak diisi kios pakaian, sebuah supermarket, retail Tokyu , dll. Lantai keempat tempat ratusan kios yang menjual HP, sim card, DVD, CD dan segala macam gadget. di Lantai 6 ada mini indoor craft market untuk membeli souvenir / oleh-oleh murah. salah satu best selling products tentu saja adalah kaos bertema "Thailand", gajah, muay thai, dlsb. harga sekitar 99b/ potongnya. 

Dari BTS, exit 4
koneksi ke Siam Paragon
follow the arrow
merek branded harga miring
oleh-oleh / printilan / pajangan
kaos sejuta umat
Tapi salah satu hal yang paling menyenangkan di MBK adalah foodcourtnya ! Ada 2 dengan konsep yang berbeda, yaitu : Fifth Food Avenue di lantai 5 dengan pasar upscale market, berarti harga cenderung mahal, dan MBK Food Centre di lantai 6 dengan harga yang jauh lebih murah dan variasi makanan lebih banyak. 

Di Fifth Food Avenue, desain food courtnya dibuat lebih lengang, karena ingin memberikan kesan luas. Pilihan menu yang ditawarkan disini beragam, mulai dari masakan khas Timur Tengah, sajian Vietnam, masakan China, Jepang, India dan masakan Italia. Tidak hanya itu, disini juga terdapat kios makanan khusus vegetarian, misalnya Tamarin Cafe. Banyak kios makanan disini memiliki desain dapur yang terbuka, sehingga pengunjung bisa melihat Para Koki mengolah makanan. Bagi pengunjung yang datang kesini untuk bersantai dan tidak sekedar makan, restoran ini menyediakan kursi sofa yang sangat nyaman. Sebelum makan, anda akan diberikan kartu barcode di pintu masuk. Beli makanan dan minuman dengan kartu itu dan nanti tinggal membayar setelah selesai. 

IMG_8455
cukup 100-150 baht dulu
lokasinya jelas terlihat
beli kupon dulu
Di Food Centre yang berada di lantai enam , lebih banyak restoran siap saji yang tersedia. Pengunjung bisa duduk dan menikmati sedikit santapan ringan seperti snack atau kue yang dijual beberapa counter. Untuk membeli makanan Anda harus menukar kupon dahulu dengan kelipatan 5, 10 atau 20 Baht seperti di Bazaar sekolah (cash only) dari counter yang ada di dekat pintu masuk .

Sebelum Anda memutuskan berapa kupon / uang yang Anda butuhkan, Anda sebaiknya melihat dahulu ke counter makanan untuk melihat berapa harga makanan yang Anda inginkan. Setiap kupon yang tidak terpakai dapat dikembalikan di counter "refund" di bagian belakang .Jangan lupa untuk menukarnya, karena kupon akan expired jika lewat dari tanggal hari itu.

IMG_8456
bikin tugas nih guys ?
Percaya atau tidak, harga makanan di beberapa counter termasuk murah untuk ukuran makan di foodcourt. Hanya sebagai contoh, makanan sederhana seperti ayam dan nasi biasanya akan 30 atau 40 Baht. Tambahkan 15 baht untuk sebotol kecil air minum. Jangan takut, ada beberapa counter makanan halal yang menjual Chicken Curry with yellow Price (no. C22), Tuna steak (no. B2), Indian food (no. B3) dan Arabic food (no. B4).
IMG_8473
wajib coba : mangga dengan ketan . yummmy !
Sangat mudah untuk tersesat di dalam MBK karena sangat luas sekali, jika anda menemukan sebuah barang di suatu toko, dan setelah beberapa saat kemudian anda memutuskan untuk membeliknya , bisa jadi anda tidak dapat menemukan toko tersebut ! 

Mushola juga tersedia di MBK, di lantai 6 dekat tempat parkir mobil. Kalau anda menanyakan mushola ke orang Thailand, tanya saja, “hong lamard, yoo ti nai, ka/kap?” (hong lamard = musholla/surau; yoo ti nai = di mana; kap/krap = tak bermakna literal, hanya penyopan: pakai “ka” kalau anda sebagai penanya adalah wanita, dan pakai “kap” kalau anda pria). 
musholla kecil
 
Dan jika anda akan kesana memakai taxi,sebut Mahboonkrong , dan bukan MBK, karena local lebih mengenal dengan sebutan itu.

Jadi, sudah siap dengan setumpuk uang dan koper kosong ?