Naik BTS di Bangkok

Cara paling asyik untuk berkeliling di Bangkok adalah memakai BTS and MRT.
Apa perbedaannya ? BTS= Sky train = kereta di udara atau di atas permukaan tanah sedangkan MRT = Underground = kereta di bawah tanah.
Kedua jenis transportasi ini penyelamat untuk berkeliling di Bangkok karena nyaman, aman, bebas macet, dan strategis.

Tips yang penting adalah cari hotel yang deket dengan salah satu sarana transportasi ini, agar lebih praktis, dan mudah untuk ke mana-mana dalam menikmati kota Bangkok. 80% tempat tujuan wisata sudah di”cover”, dan bisa dikombinasikan dengan ARL (kereta dari airport), boat atau bis. 

https://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/01/e5/95/59/spotless-even-when-full.jpg
Yang akan dibahas utama kali ini adalah BTS, MRT tidak jauh beda, tiket BTS tidak dapat dipakai di MRT, dan anda harus membeli tiket jenis lain untuk MRT. One-way tiket MRT bentuknya seperti koin kasino (token), dibeli dari mesin tiket otomatis (menerima uang kertas hingga THB 100 dan koin). 

Cara menggunakannya adalah dengan menempelkan koin ini di barrier gate saat masuk, dan saat keluar di stasiun tujuan koin ini dimasukkan ke dalam slot untuk membuka barrier gate. Tersedia juga kartu magnetik RABBIT CARD  yang dapat diisi ulang(seperti Singapore ez-Link atau HK Octopus) jika Anda berencana tinggal di Bangkok selama beberapa hari dan bukan kartu. 

BTS SkyTrain saat ini memiliki 3 jalur, dengan kode N (North), E (East), dan S (South) sesuai dengan jalur yang dilayani, dan diberi nomor seperti E1 E2 dst.

Semua jalur bertemu di stasiun SIAM. Semua jalur ini terletak di kanan sungai Chao Phraya kecuali 2 stasiun terakhir jalur S (S7 dan S8). Satu stasiun diberi kode W (West) yaitu National Stadium sebagai perpanjangan dari jalur S.

http://www.havechildstilltravel.com/wp-content/uploads/2014/08/IMG_0253.jpgTiket kereta BTS dapat dibeli di setiap stasiun, berupa tiket one-way, day pass (THB 100), atau monthly pass. One-way tiket harus dibeli dari mesin tiket menggunakan uang koin (tukarkan uang kertas ke uang koin di loket staff). Harga ditentukan menurut jarak yang ingin anda tuju.Untuk kalkulasi harga tiket BTS, silahkan lihat ini 

Setelah masalah harga tiket paham, sekarang Anda tinggal datangi stasiun terdekat. Stasiun BTS terletak di atas jalanan, sehingga Anda perlu menaiki tangga atau eskalator dulu, yang terkadang lumayan tinggi. Stasiun MRT, sebaliknya, berada di bawah tanah.

Sampai di stasiun BTS, kemana tujuan kita ? Lihat dengan cermat dimanakah BTS yang akan kita datangi. Perhatikan bahwa ada 2 jalur utama dengan warna berbeda-beda. Maksudnya, bila anda masuk di jalur hijau muda misal, maka anda hanya akan melewati stasiun di jalur hijau muda saja.

http://gallery.thelongestwayhome.com/img/s5/v131/p578549297-2.jpg
Tetapi jika posisi anda sekarang ada di jalur hijau muda dan anda ingin turun di station yang terletak di jalur hijau tua, maka anda harus pindah jalur. Caranya adalah pindah kereta atau turun di intersection . Skytrain di Bangkok sudah integrated, jadi gak usah keluar masuk beli tiket antar jalur. Tiket langsung bisa dipakai (asal jangan keluar dari gate elektroniknya).

Dan yang penting, lihat tujuan akhir BTS tersebut , ingat apa nama stasiunnya. Ini penting untuk menentukan ke mana anda harus pergi, apakah ke arah kiri atau kanan dari datangnya kereta.
Cara membeli tiket gampang saja, hanya memerlukan uang koin 5 dan 10. Jika tidak ada uang koin, tukarkan uang kertas di loket di dekat pintu masuk elektronik. 

https://cdn.shutterstock.com/shutterstock/videos/10775900/thumb/1.jpg
Di mesin tiket lihat berapa harga tiket untuk ke stasiun tujuan Anda. Semakin jauh tempat tujuan, semakin mahal harga tiket yang Anda harus bayar. Misalnya, dari stasiun X ke Y Anda perlu membayar 25 Baht . Di mesin tiket (gambar 1), tekan angka 25, lalu masukkan koin sejumlah 25 Baht, yaitu 2x 10 baht , dan kemudian 5 baht di slot koin (nomor 2). Setelah semua koin masuk, nanti akan keluar tiket magnetikdi bagiabn tengah (nomor 3). Dan jika uang anda ada kembaliannya, silahkan ambil sisanya di bagian bawah ( nomor 4)

Setelah tiket di tangan, sekarang anda siap masuk ke gate elektronik. Lihat di mana yang ada tanda "curek" hijau , dan bukan "X" merah.

Untuk single ticket, masukan tiket anda di slot dengan tanda panah. Kemudian setelah kartu muncul kembali ke permukaan, tarik kartu dan tunggu palang pintu terbuka.

Jika kartu anda "one day pass", posisikan kartu anda menempel di sensor bagian atas mesin , atau cukup men"tap" nya saja, dan tunggu hingga pintu palang terbuka. Ingat, jaga tiket dengan baik-baik, jangan sampai hilang.

Biasanya platform kereta berada di lantai atas, sehingga anda lihat dengan seksama arah tujuan akhir stasiun mana, agar anda tidak salah menunggu di platform tersebut.

Antrilah di dekat tanda pintu, dan dahulukan orang yang hendak turun. Tidak usah berebut masuk Tetapi ingat bahwa pintu membuka dan menutup secara otomatis dengan cepat. Jika sudah ada tanda berbunyi "tut-tut" anda harus sudah berada di dalam kereta karena pintu akan menutup segera.

Jika stasiun tujuan anda cukup jauh, anda dapat menempati area tengah kereta. Tetapi jika sebentar, anda bisa berdiri di dekat pintu. 

Saat di kereta perhatikan baik-baik nanti akan ada suara elektronik yang memberitahu kita, stasiun apa yang akan didatangi berikutnya. Jika itu stasiun tujuan anda, bersiaplah berdiri di dekat pintu. Jika anda terlambat keluar dan pintu sudah berbunyi "tut-tut", dan akan menutup anda harus mengurungkan niat keluar dari kereta tersebut daripada nanti badan anda terjepit.

Setelah anda turun dari kereta, siapkan tiket, dan kembali antri di gate keluar. Sekarang masukkan tiket itu di celah yang ada bertanda panah dan tunggu palang pintu terbuka. Kali ini, tiket tidak kembali ke tangan Anda, kecuali bila Anda pemegang kartu tiket terusan 

Nah dalam hal kereta ARL dari / ke bandara, jalur magenta-biru tua, akan bertemu dengan jalur BTS warna hijau muda, di stasiun Phaya Thai. Nah kesitulah anda mesti turun, untuk kemudian ganti jalur ke ARL. Cuman disini jalur skytrain dan ARL memang tidak dalam satu gedung, tapi berdekatan, jadi anda harus keluar dari BTS, menuju ke ARL Station.
http://static.asiawebdirect.com/m/bangkok/portals/bangkok-com/shared/teasersL/INFO/mrt/teaserMultiLarge/image/bangkok-mrt-3.jpg
Walau di Indonesia belum ada kecanggihan seperti ini , tolong jaga perilaku dengan mengantri sebelum masuk ke gerbong, dahulukan orang tua / ibu hamil / yang membawa anak kecil. Jika sudah ada bunyi , segera masuk atau segera menjauh dari pintu karena pintu akan menutup dengan otomatis 

Ada 3 jenis ticket yang dikeluarkan oleh badan transportasi Bangkok :
Single Journey 
Ticket Tiket ini berlaku untuk perjalanan tunggal, dengan tarif sesuai dengan tujuan yang dipilih. (mulai dari 15 baht sampai 42 baht per perjalanan)
  1. Berlaku untuk perjalanan pada tanggal pembelian saja.
  2. Tiket akan ditelan pada Gerbang Otomatis setelah keluar.
  3. Tiket ini dapat dibeli di setiap Ticket Issuing Machine  dan Ticket Vending Machine (TVM)
One-DayPass
1. Berlaku untuk perjalanan tak terbatas pada tanggal pembelian saja.
2. Tidak dapat dikembalikan
3. Tersedia di semua Kantor Tiket BTS
4. Harga 140B 
5. Cocok untuk traveler yang ingin menjelajah kota Bangkok dalam 1 hari tanpa repot-repot lagi membeli tiket satuan 

BTS 30-Day ( Adult ) Smartpass
1 .Masa pemakaian kartu 5 Tahun dimulai dari tanggal pembelian 

2. Perjalanan hanya dapat digunakan dalam waktu 30 hari setelah perjalanan mengisi ulang terakhir.
3. Cocok untuk yang akan tinggal selama sebulan di Bangkok 
• 15 trips 375 Baht (25 Baht per trip)
• 25 trips 575 Baht (23 Baht per trip)
• 40 trips 840 Baht (21 Baht per trip)
• 50 trips 1,000 Baht (20 Baht per trip)Tidak termasuk Harga kartu awal 30B
https://static1.squarespace.com/static/552916d2e4b0b1018b295f19/t/559b9ec2e4b07d366b80dda4/1436262100444/rabbit+card+bts+thailand
Sekarang ini ada kartu "Rabbit" ( seperti EzyLink( di Singapore ) yang tersedia di semua Kantor Tiket BTS. Selain untuk naik BTS, kita dapat menggunakan pass ini di outlet F&B yang berpartisipasi seperti Starbucks, McDonald, , Mister Donut, Burger King dll. baca lebih lanjut di sini 

Berikut ini adalah beberapa stasiun BTS yang paling sering dipakai turis karena terletak di area tujuan wisata / tempat berbelanja, silahkan lihat petanya dengan meng klik stasiun BTSnya

Silom Line 
1. BTS National Stadium (W1) , lihat penampakannya di sini
  • MBK 
  • Bangkok Art and Culture Centre. 
  • Jim Thompson’s House 
  • Siam Square 
2. BTS Sala Daeng (S2), lihat penampakannya di sini
  • nightlife scene seperti Patpong 
3. BTS Saphan Taksin (S6), lihat penampakannya di sini
  • pier Central, untuk naik perahu mengarungi Chao Phraya 
  • Asiatique Riverfront 

Sukhumkvit Line
1. Mo Chit BTS Station (N8) , lihat penampakannya di sini
  • Chatuchak Weekend Market 
  • Children’s Discovery Museum 
  • Rot Fai Park 
  • terkoneksi dengan MRT Chatuchak Station 
2. Phaya Thai BTS Station (N2) , lihat penampakannya di sini
  • terkoneksi dengan ARL 
3. Ratchathewi BTS Station (N1) , lihat penampakannya di sini
  • Pratunam Market 
  • Platinum Mall 
  • mesjid Darul Amman 
4. Siam BTS Station (Central Station) , lihat penampakannya di sini
  • Siam Square 
  • Siam Paragon & Madame Tussaud & Ocean World 
  • Central World 
  • MBK 
  • Perpindahan jalur / interchange ke Line Silom 
5. Chit Lom BTS Station (E1) , lihat penampakannya di sini

  • Central World 
  • Erawan Shrine
http://mikespassport.com/wp-content/uploads/bangkok_bts_sky_train_station_nana.jpg6. Nana BTS Station (E3) , lihat penampakannya di sini
  •  nightlife Nana
7. Asoke BTS Station (Asok) (E4) , lihat penampakannya di sini
  • Terminal 21 
  • terkoneksi dengan MRT Sukhumvit Station 
Klik ini untuk peta lengkap jalur BTS / MRT/ ARL
Klik ini untuk harga tiket dari A ke tujuan B
Klik lebih jelas disini untuk website resminya dalam bahasa Inggris