Tato & Mas Berto di Thailand

monk / rahib dengan sak yant tato
Anda termasuk golongan "Mas Berto ?" alias masyarakat bertato ? :D atau kesengsem dengan salah satu tato yang ada di punggung si sexy Angelina Jolie ?

Dalam masyarakat Thailand, tato tidak saja merupakan bentuk karya seni , tetapi merupakan bagian dari Spiritualisme mereka.

Walaupun mereka adalah penganut Buddhisme, Animisme juga merupakan komponen yang sangat penting dari budaya Thailand. Animisme adalah tentang persatuan roh dan tubuh - tidak ada pemisahan tubuh dari jiwa, dan semua bentuk kehidupan memiliki jiwa pribadi mereka sendiri.

Bagaimana hal ini berhubungan dengan tato? Dalam tradisi Thailand, mendapatkan tato adalah pengalaman yang sangat spiritual. Tato asli Thailand yang dibuat oleh salah satu pendeta Budha diyakini dapat bertindak sebagai jimat yang membawa kekuatan tersendiri, seperti mendapatkan perlindungan atau kekebalan. Tato binatang seperti harimau mungkin melindungi orang yang memakainya dari bahaya kejahatan dan fisik. Petinju Muay Thai biasanya memiliki yant dari Hanuman untuk menerima kekuatan dan kekebalan.

monk yang bisa men tato
Selain gambar tato yang umum seperti naga Thailand, Raja Monyet, atau topeng , ada juga tato dalam bentuk tulisan , yang bisa dalam bentuk doa atau mantra. Tujuan dari tulisan itu adalah untuk melindungi pemakainya dari kekuatan jahat.

Sak yant (Thai: สัก ยันต์), adalah tato yang diyakini memiliki kekuatan mistis, biasanya diberikan oleh Biksu Budha / monk, dilakukan tanpa mesin tetapi secara tradisional dengan sebuah tongkat bambu panjang yang diasah tajam, atau logam panjang seperti jarum raksasa yang ditekan secara berulang kali pada tubuh.

Kata Sak dalam bahasa Thailand berarti tato, dan yant adalah mantra dalam bahasa Sansekerta, atau desain yang menggabungkan doa-doa suci Buddha, yang disebut katas yang akan memanggil kekuatan supranatural.

Ada banyak desain Sak yant , masing-masing dipilih untuk memberikan kekuatan pelindung atau keberuntungan dalam bisnis atau cinta. Banyak dari desain bersifat universal tetapi tiap Mantra mungkin berbeda sesuai dengan kepribadian orang yang akan ditato, beberapa yang paling terkenal dan populer meliputi :
takut ditato ? beli kaosnya saja
  • Suea (Thai: เสือ terjemahan: harimau) - biasanya menggambarkan harimau kembar. Merupakan kekuasaan dan otoritas.
  • Ha Thaeo (Thai: ห้า แถว terjemahan: lima baris) - salah satu desain yantra yang paling umum untuk wanita di Thailand tetapi juga digunakan untuk pria. Biasanya tato di bahu kiri belakang. Masing-masing dari lima baris berhubungan dengan berkat yang berbeda untuk sukses dan keberuntungan.
  • Kao Yot (Thai: เก้า ยอด terjemahan: sembilan menara) - tato ini biasanya di bagian belakang leher dalam berbagai ukuran dan tingkat kerumitan. 
  • Si Yot (Thai: ยอด terjemahan สี่: empat menara) - untuk mempengaruhi perasaan atau tindakan orang lain dan melindungi pembawa tersebut.
  • Paet Tit {Thailand: แปด ทิศ (terjemahan: delapan poin) - merupakan perlindungan dalam delapan arah alam semesta. Bentuk bulat, biasanya tato di punggung.

  • Sip {Tit Thailand: สิบ ทิศ (terjemahan: sepuluh poin) - versi Paet Titt tetapi meliputi sepuluh penjuru, bukan delapan.
  • Mahaniyom (Thai: มหา นิยม (terjemahan:. Preferensi besar) - untuk memberikan bantuan pembawa di mata orang lain bentuk bulat, biasanya ditempatkan di pundak kanan belakang
  • Yot Mongkut (Thai: ยอด มงกุฎ terjemahan: mahkota runcing) - untuk keberuntungan dan perlindungan dalam pertempuran.
Sak Yant menjadi sangat populer di Thailand, dan telah menarik minat orang dari mancanegara untuk menerima Sak yant termasuk orang-orang terkenal seperti Angelina Jolie.

Tahun 2003, Jolie datang ke Bangkok untuk membuat tato, ia memohon "Ajarn Noo" (ajaran adalah guru) untuk membuatkan desain, yaitu lima baris yantra dengan huruf "Cambodian script".

Baris pertama berhubungan dengan pesona, yang kedua membawa keberuntungan, yang ketiga untuk pekerjaan/bisnis yang sukses, yang keempat adalah tanda zodiak, dan yang kelima adalah untuk mendapatkan karisma . 

Tahun berikutnya Jolie kembali terbang ke Bangkok untuk membuat tato kedua oleh Ajarn Noo, yaitu gambar macan yang sedang memutar kepalanya di bagian belakang punggung bawah. Ini adalah merupakan yant/mantra untuk kekuatan dan kekuasaan bagi pemakainya serta sifat tak terkalahkan.

Sayang, karena telah membuat tato pada artis Holywood tersebut, saat ini Ajarn Noo sedikit dikecam karena dianggap serakah dengan memasang harga sangat tinggi pada orang yang ingin ditato olehnya.
Yang sangat menarik adalah adanya sebuah Wat di luar kota Bangkok bernama "Wat Bang Phra", dimana banyak monk disana yang dapat mentato anda "Sak Yant" dengan harga sangat murah, dan pada bulan Febuari-Maret biasanya diadakan sebuah festival untuk memberikan penghormatan serta untuk "mengisi" kembali tato yang ada pada badan mereka,dimana ribuan orang bertato datang, dan ada keanehan yang terjadi dimana jika anda bertato buaya, misalnya, anda akan "trance" atau kesurupan dan berperilaku seperti buaya ! Dan tiba-tiba mempunyai kekuatan berlipat ganda sehingga anda harus ditangani oleh beberapa orang agar tidak membahayakan peserta lain / para monk disana. Tidak percaya ? silahkan lihat video ini :





dan




Mau ke Wat Bang Phra ? Lihat link ini

Anda tertarik untuk membuatnya ?