Amankan Bagasi !

Kejadian yang dialami Agnes Monica atas  koper miliknya yang dibobol setelah naik pesawat adalah hal yang sering terjadi, dan biasanya tidak ada kompensasi atas kehilangan barang yang diderita para penumpang. Kunci gembok dirusak, seleting dibuka paksa, atau tas kain disilet, adalah beberapa hal yang sering dilakukan oleh "oknum" bandara yang dipekerjakan maskapai penerbanngan untuk mengangkut dan memindahkan barang mulai dari lambung pesawat hingga daerah breakdown, sebelum masuk ruangan  -  pengambilan bagasi / conveyor belt .( Kompas, 10 November)

Oleh karena itu kita sebagai penumpang pun harus mewaspadai koper/ tas kita yang akan masuk bagasi, pokoknya usahakan agar si "tikus" bandara akan berubah pikiran jika melihat tas anda yang dilengkapi extra securirty karena itu akan membuatnya menghabiskan banyak waktu untuk membongkar koper anda.

Ada banyak cara yang dapat dipilih untuk "mengamankan" bagasi anda seperti : 
1. Menambahkan kunci gembok yang lebih susah dibuka daripada (tas dengan) kunci dengan kombinasi angka.

2. Memakai "luggage straps" yang memiliki kunci.  
3. Memakai 'cabel ties' yang harus dibuka dengan cara digunting.
4. Memakai "safety net" untuk membungkusnya


5. Di airport terkemuka seperti Changi ( Terminal 1,Departure Check-In Hall.) , ada servis membungkus koper anda dengan plastik sehingga koper anda terbungkus rapat. (biayanya sekitar $15). Di Suvarnabhumi Bangkok biayanya 120B

6. Tapi jika budget pas-pasan, anda dapat membungkus koper anda dengan kantong plastik besar dan kemudian memakai selotip plakban. Walau terlihat norak, tetapi dijamin aman karena sudah membuat ilfil para calon pencuri ! :)

Untuk membeli barang point 1-4 diatas, anda dapat mencoba ke ace hardware, toko besi (kunci gembok biasa), atau toko-toko di bandara. Tetapi biasanya harganya lebih mahal jika anda membelinya di situ. Jadi , mumpung anda ke luar negeri, sempatkan dahulu untuk datang ke counter tas/koper di mall-mall terkemuka disana untuk membelinya karena biasanya koleksinya lebih lengkap daripada di Indonesia

Kalau bisa, jangan menyimpan barang berharga didalam koper , sebaiknya bawa ke dalam cabin saja.
Dan yang pasti jangan menyimpan barang dalam kantung koper yang tidak digembok yang terletak di bagian luar, karena gampang sekali untuk dicuri.

Selain itu karena banyaknya koper yang sama, untuk menghindari koper anda diambil oleh orang lain, tandai koper anda dengan sesuatu yang mencolok mata seperti pita berwarna terang, stiker, atau gantungan lainnya. Dan lengkapi dengan nama / negara anda, untuk mempermudah identifikasinya jika koper anda tertinggal pesawat atau terbawa ke flight lain !

Untuk anda yang akan take off dari Don Muang, tolong meng update posting ini jika anda menemukan service luggage wrap dengan foto dan biayanya. 
Khop khun ka !