Bus Kota di Bangkok

Selain moda transportasi modern , menjelajah Bangkok dengan bus juga merupakan suatu pengalaman yang cukup menarik, terutama untuk mencapai daerah yang tidak dilalui jalur langsung BTS /MRT, dimana kita bisa berbaur langsung dengan warga lokal, ongkos bus yang sangat murah, dan pengalaman naik bis jadul dengan lantai kayu, kondektur wanita dengan wadah penyimpanan koin yg unik, sampai bis gratis pada saat malam hari. 

Sebagian besar bus beroperasi dari pukul 5:00-23:00 setiap hari. 
Bus Orange AC, 11-24 baht tergantung jarak yang ditempuh. 
Bus Kuning AC 10-12 baht flat 
Bus Putih-biru non AC 8 baht 
Bus Merah non AC 7 baht

TIPS PENTING :
  • Saat menunggu di halte, pastikan apakah nomor bus yang ingin dinaiki tertera di situ atau di tiang terdekat . Jika tidak ada nomor bus yg kita maksud, jangan harap bus akan berhenti walau kita sudah melambai-lambaikan tangan berkali-kali. 
  • Untuk memastikan apakah kita naik bus yg benar, jangan ragu untuk konfirmasi pada kondektur atau supir bis pada saat kita akan menaiki bus tersebut, dengan menyebutkan tujuan kita pada saat naik
  • Pada saat membayar karcis, sebutkan tujuan pada kondektur dan beri "kesan" bahwa anda bukan penduduk lokal, karena wajah orang Indonesia serupa dengan warga Thai. Jika tidak ada kondektur, berarti gratis ! :) 
  • Cara yang sopan untuk menghentikan bis adalah dengan melambaikan tangan ke arah bawah, telapak tangan menghadap ke tubuh. 
  • Karena harga karcisnya sangat murah, sebaiknya jangan membayar dengan pecahan 500 / 1000 Baht ! 
  • Be Gentle (walau anda wanita) dengan menawarkan kursi untuk anak-anak kecil, wanita tua dan hamil. Dan jangan duduk di kursi khusus untuk para Monk ! 
  • Jika anda sudah tahu tujuan anda dan bis mendekati tempat tersebut, segera berdiri di dekat pintu, dan tekan tombol di atas pintu. 
Berikut ini beberapa nomor bus yang melewati tempat2 wisata utama di Bangkok:

Temples 
Mall / Shopping Centre
Pasar / Market