Kegunaan Travel Planner


Why You Need a Travel Planner / Personalized Travel / Customized Trip-Tour ?


"Custom Tours are completely flexible, because Travel Planner will advise and assist you to create the best possible itinerary based on your requirements. Based on what you want to see and do, how long to spend and what type of accommodation suits you best. This tour can be any dates, any place and in any style that you want to travel."
Merencanakan perjalanan/traveling sendiri tanpa lewat travel agent konvensional untuk mengalami liburan yang seru dan memorable bisa menyenangkan, tapi bisa juga menghabiskan waktu dan membingungkan. Hotel mana yang enak untuk ditempati, tempat wisata apa yang akan di datangi ? berapa tiket masuknya ? bagaimana caranya datang ke sana ?

Bagi anda yang mempunyai budget lebih, datang ke kantor travel agent biasa dan memesan paket tour yang ditawarkan adalah solusi yang mudah dan praktis. Tetapi terkadang setelah anda ada di negara tujuan, anda kecewa dengan pilihan hotel yang jauh dari mana-mana, atraksi wisata atau waktu anda yang terbuang karena pergi ke tempat yang tidak anda inginkan.

Untuk menghindari itu semua, bila Anda sedang mencari pengalaman liburan yang unik , sesuai dengan apa yang ingin anda datangi, lihat, alami tetapi sesuai dengan budget pengeluaran anda, anda butuh seorang Travel Planner (TP) yang akan membuat Personalized Travel / Customized Trip-Tour khusus untuk anda.

Seorang TP akan mempersonalisasi jadwal Anda dimulai dari anda datang hingga pada waktunya anda pulang. Anda bisa memilih preferensi kesukaan anda, misalnya liburan honeymoon romantic, shopping spree, weekend party, family gathering , photo hunting, culinary trip, apapun yang anda inginkan. Anda mempunyai seorang asisten pribadi yang akan mengurus semua keperluan liburan anda .

Jadi, apa saja manfaat menggunakan seorang TP ?
1. Mengontrol pengeluaran / budget anda
TP akan memberi bayangan berapa uang yang akan anda habiskan disana, sehingga anda tahu berapa uang yang harus anda bawa. Jika anda bepergian solo atau hanya 2-3 orang, menyewa mobil pasti menghabiskan lebih banyak uang daripada anda naik transportasi umum.

TP akan memberi pilihan bagaimana anda bepergian dan perincian biayanya yang jelas, perkiraan biaya hidup perhari, dll

2. Menghemat uang
TP akan memberi masukan bagaimana / dimana membeli tiket pertunjukan, tour harian, dengan harga yang murah / diskon, sehingga anda tidak membayar mahal. Hotel yang rekomended sesuai dengan kemampuan budget anda, Pilihan aktivitas yang sesuai dengan kantong anda, dll



3. Hemat waktu
Anda tidak perlu menggogling banyak situs, bertanya ke forum dan lama menunggu jawaban. Tidak perlu pusing bagaimana membuat skedule yang efisien, tidak membuang waktu dan praktis. Pertanyaan apapun pada TP akan dijawab dalam waktu yang singkat. Misalnya anda ingin membeli sepatu dengan merek tertentu, TP akan mencari toko sepatu tersebut yang berada di dekat  tempat yang akan didatangi.

4. Efisiensi waktu

Pada saat anda berlibur, waktu anda disana berharga, dan terbatas. Jika ikut rombongan tour, anda terikat dengan jadwal bersama orang lain.

Tetapi biasanya pada saat malam hari dan diberi jadwal “waktu bebas” anda tidak tahu mau kemana, dan bagaimana caranya pergi ke sana.

Adakalanya jika anda membawa anak kecil dan ingin ada waktu untuk beristirahat di hotel pada tengah hari, anda ingin bisa melakukannya sesuka hati anda.

Jika anda menyusun rencana sendiri, anda tidak tahu bagaimana rute yang efisien, berapa jarak dari 1 tempat ke tempat lain, dll. TP akan membantu anda membuat jadwal rute harian yang terperinci dan efisien, sehingga tidak membuang waktu, tenaga dan ongkos perjalanan disana.

5. Anda tidak tahu akan pergi ke tempat apa saja ? 
TP akan memberi informasi & rekomendasi apa yang akan anda lihat / datangi, apakah cocok untuk semua anggota keluarga atau teman seperjalanan, misalnya.

6. Anda ingin pergi ke banyak tempat dalam waktu yang singkat. 
Ingin ke Bangkok , Pattaya dan Phuket dalam waktu 4 hari ? Bisa saja. Tapi untuk apa ?

TP akan memberi masukan tempat apa yang wajib anda kunjungi, dan apa yang tidak bisa anda kunjungi karena keterbatasan waktu. Newbie / orang yang baru pertama kali ke luar negeri kadang tidak menyadari bahwa di sana mereka akan banyak berjalan kaki dan ada proses berjalan kaki ke untuk stasiun MRT, harus antri dan tidak bisa mencegat taxi begitu saja, dan banyak lagi hal lainnya.

7. Pemilihan hotel yang paling menguntungkan dari segi harga,lokasi dan fasilitas sesuai kemampuan budget klien.

Jika anda belum tahu akan tinggal di hotel mana, TP akan memberi banyak pilihan yang terbaik , contohnya anda ingin mencari hotel dengan kamar yang mempunyai kolam renang pribadi dengan rentang harga Rp. 1,5 juta rupiah per malam.

TP akan memberi beberapa masukan yang dapat anda pilih, dan jika anda mempunyai pilihan tersendiri, TP akan memberi masukan positif atau negatifnya akan pilihan hotel anda tersebut.

Jika lewat travel agent konvensional, pilihan hotel hanya sedikit dan terbatas , dan mereka mungkin tidak dapat menjelaskan dengan rinci mengapa hotel itu cocok untuk anda, selain karena harganya cocok. TP mempunyai pengalaman lebih karena mengerti hotel tersebut terletak di area apa.

Memang anda juga bisa memilih hotel sendiri lewat berbagai situs layanan booking kamar, tetapi bisa membuang waktu banyak dimana Anda harus membaca banyak ulasan, melihat lokasi hotel lewat peta, untuk mendapatkan hotel yang paling pas dan sesuai dengan budget anda. Dan banyak pula hotel-hotel rekomended yang tidak tercantum di situs layanan tersebut.

8. Relasi dengan travel agent lokal.
Anda datang dengan rombongan dan butuh penjemputan di airport ? 
Anda ingin menyewa private boat untuk ke Phi-phi island ?
Tetapi anda tidak tahu harus menghubungi siapa ?

TP mempunyai relasi di kota tujuan , sehingga semua kebutuhan anda bisa diurus dari sini sehingga sesampainya disana anda tinggal menikmati semua layanan tersebut, and enjoy your vacation !

9. Rekomendasi tempat makan enak / halal atau cool hang out places.
TP akan memberi informasi dimana tempat makan halal, jajanan apa yang sebaiknya dicoba, tempat makan all you can eat murah meriah yang hanya diketahui oleh local people , dlsb.

10. Dan ini yang paling penting, yaitu layanan pribadi di tempat tujuan pada hari H. Ini yang tidak anda akan dapatkan jika memesan paket tour lewat kantor travel agent biasa.

Jika disana anda ingin mencari suatu benda, pergi ke suatu tempat atau hal lain yang ingin ditanyakan, tiba-tiba tersesat, anda dapat mengontak TP anda untuk bertanya lewat email, YM, Line atau WA. ( memang ada kalanya harus menunggu, mungkin karena TP sedang melakukan perjalanan atau pekerjaan lain ).

Jadi sudah memutuskan akan memakai kantor travel agent biasa atau mencari travel planner yang handal untuk mengatur rencana liburan pribadi anda ?