White Temple Unik Chiang Rai

Ada lebih dari 33.000 kuil Buddha di Thailand, tetapi hanya ada 1 temple unik bernama White Temple / Wat Rong Khun (วัดร่องขุ่น) di Chiang Rai, sekitar 3 jam perjalanan dari Chiang Mai.
Temple ini dibangun tahun 1997 oleh seniman Thailand terkenal Chalermchai Kositpipat (เฉลิม ชัย โฆษิต พิพัฒน์). Rencana awal Kositpipat adalah ingin membuat temple modern yang menghormati agama Buddha melalui gaya kontemporernya. Dia ingin temple ini menjadi pusat pembelajaran dan meditasi bagi orang untuk mendapatkan manfaat dari ajaran Buddha . 
Kositpipat menganggap kuil ini sebagai persembahan kepada Sang Buddha dan percaya proyek ini akan memberinya kehidupan abadi. Dia berusaha untuk sebebas mungkin tanpa dipengaruhi gaya dari periode lain dan mencoba untuk merintis jalan baru dengan gayanya itu. Oleh karena itu dia membiayai pembangunan kompleks temple ini seluruhnya dari uang pribadinya sendiri lewat  penjualan karya seninya.

Sampai saat ini , Chalermchai telah menghabiskan uang sampai 40 juta Baht. Dia tidak mau menerima sumbangan dari pemerintah, politisi atau jutawan. Jika ada sumbangan yang diterima, jumlahnya tidak melebihi THB10,000.  Dan yang lebih hebatnya lagi, untuk melihat tempat ini kita tidak dipungut bayaran, alias gratis !

Pada Mei tahun 2015, terjadi gempa 6,3 R yang melanda Mae Lao - Chiang Rai. Temple ini mengalami cukup banyak kerusakan seperti ada beberapa pilar yang retak, dan mural yang rusak. Awalnya Kositpipat menyatakan bahwa temple ini harus dibongkar atas alasan keamanan. Tetapi lewat evaluasi berikutnya, diputuskan bahwa bisa diperbaiki dan proses restorasi diperkirakan akan memakan waktu sekitar dua tahun. 
Sampai sekarang, proyek konstruksi dan restorasi masih terus berlangsung. Nantinya jika keseluruhan kompleks ini selesai , akan ada total 9 bangunan, mulai dari temple utama, ruang meditasi, galerisseni, ruang tinggal para monk, dll dengan masa pembangunan diperkirakan selama kurang lebih 90 tahun, atau hingga tahun 2070 !

Temple utama di sini sekilas tampak seperti bangunan yang turun dari surga karena tidak seperti temple-temple di Thailand pada umumnya yang berwarna kuning keemasan, di sini 90% bangunan yang ada berwarna putih. Pemilihan warna putih melambangkan kesucian Buddha, sementara jutaan potongan kecil cermin melambangkan perefleksian diri dan menjelaskan bahwa kebijaksanaan Sang Buddha itu "bersinar terang di seluruh bumi dan alam semesta " .

Detail ukiran dan hiasan di temple ini sangat menakjubkan, mencerminkan ketelitian, kesabaran dan keahlian yang luar biasa. Keunikan lain yaitu desain arsitektur di sekeliling temple yang sangat tidak biasa, yaitu banyak patung atau ornament yang menyeramkan atau berasal dari modern pop culture seperti patung kepala Smeagol, Wolverine, Maleficient, Hellraiser, tengkorak, buaya dan lainnya.

Walaupun ada beberapa hal yang akan membuat kita mengernyitkan kening karena tidak mengerti apa yang dimaksud, tetapi imaginasi sang artis yang sangat imaginative dan menabrak norma apa yang biasa ada pada temple-temple pada umumnya akan membuat kita selalu mengingat temple ini. Akibat dari keeksentrikan menggabungkan ikon budaya dunia pop dan Buddha itu , mahakarya ini juga sempat menuai kritik dari pemerintah Thailand. 
Untuk masuk ke dalam bangunan utama temple, kita harus berjalan melewati jembatan yang dibawahnya dipenuhi ribuan tangan yang seakan-akan menggapai dari bawah kedalaman neraka. Begitu masuk ke dalam suasana berubah drastic dari yang putih dan suci menjadi merah membara bagai reprentasi api di neraka.
Mata Anda akan terpaku pada mural menakjubkan yang menghiasi dinding yang menggambarkan Buddha berjuang melawan setan Mara. Gambar dari Mara ini mewakili Buddha yang berjuang melawan setan dalam diri sendiri sebelum ia mendapat pencerahan dan kemerdekaan dari pikiran-pikiran tidak baik melalui meditasi.

Walaupun di dalamnya tidak terlalu besar, tetapi banyak icon-icon modern terkenal, mulai dari Spiderman, Neo – the Matrix, George W. Bush, Angry Bird, Po Panda, Sailormoon Michael Jackson, Freddy Kruger, Terminator, Harry Potter, Superman, Hello Kitty, perang nuklir, serangan teroris, bencana alam, dan masih banyak lagi.

Koleksi icon-icon heroik tampak tidak beraturan, namun Kositpipat sengaja melakukannya untuk mengingatkan kita bahwa Super Heroes tidak ada dalam kehidupan nyata dan untuk menyelamatkan diri kita , kita perlu mengusahakan perdamaian dunia sendiri. Dan dimaksudkan untuk memberi pesan umtuk mengurangi penggunaan kekerasan dan senjata karena itu tidak akan menyelesaikan masalah.

Sayang karena penuh dengan pengunjung, sehingga kita tidak bisa berlama-lama didalamnya, dan tidak boleh membawa kamera, sehingga Anda harus pergi dan melihatnya sendiri. Atau membeli reproduksi karyanya di toko souvenir.


Anda juga dapat menyumbang donasi untuk temple ini dengan cara membeli daun logam dan dapat menulis pesan atau doa di bagian belakang. Daun logam ini kemudian akan digantungkan di pohon buatan besar yang ada.

Dengan luas sekitar 9 acre, masih banyak bangunan lain yang bisa anda lihat, seperti adanya salah satu toilet terindah di dunia , museum dan Galeri Seni kecil. Jangan lupa mencari sebuah meja dimana disediakan kartu pos gratis dan stempel Wat Rong Khun untuk di cap di paspor Anda.

Dan jangan lupa jika kesana, masuklah ke dalam toiletnya yang sangat indah seperti di hotel berbintang  dan berwarna dominan emas.

Jadi, jika anda akan traveling ke kota Chiang Mai, sempatkanlah untuk pergi ke Chiang Rai dan mendatangi temple ini . Suatu pengalaman yang sangat mengesankan !

Cara menuju ke sana :
Wat Rong Khun , terletak 13 km di luar kota Chiang Rai . Jika bepergian dari Chiang Rai , Anda dapat pergi dengan songthaew ( angkutan umum truk pick - up  ) atau mengambil bus umum dari platform 7 dan 8 dari stasiun bus lama. ( Chiang Rai memiliki dua stasiun utama - lama dan baru ) .

Bilang ke  sopir bus atau kondektur untuk menurunkan Anda di Wat Rong Khun . Tiket bus hanya 20 baht setiap jalan . Bus dan songthaews kembali ke Chiang Rai berangkat dari depan kantor polisi .

Atau jika tidak mau repot, kontak travel agen di Chiang Mai untuk 1 day trip ke White Temple, Black House, dan beberapa tempat lain seharga mulai dari 900B. 

Tapi ingat, jika anda ikut dengan tour group seperti itu, waktu anda akan terbatas, sehingga tidak bebas mengeksplorasi keseluruhan tempat.

Oya, jangan datang menjelang tengah hari, karena temple akan tutup untuk istirahat makan siang.