Hang Out Asyik Budget Tipis


Sebagai kota favorit destinasi para Wisatawan dunia Bangkok selalu berkembang dengan banyak dibukanya tempat-tempat baru dengan berbagai konsep unik.
Sekarang ini jika anda sedang berkeliling di area Grand Palace, Wat Pho atau Wat Arun dan merasa lelah ingin bersantai sejenak, anda bisa datang ke Tha Maharaj.
"Tha Maharaj" terletak di jalan Maharaj di Rattanakosin Island, yang dibangun pada awal periode Ratttanakosin. Terletak di tepi sungai Chao Phraya, Tha Maharaj dikelilingi oleh warisan budaya yang kaya dan objek wisata seni Thai, beberapa Wat / temple utama, museum, dan bersebrangan juga dengan Rumah Sakit Siriraj , tempat Raja Thailand dirawat selama beberapa tahun ini dan Wang Lang market dan bertetangga dengan Universitas Thammasat
Thammasat University,
Thammasat University,
Thammasat University,


Dulu lokasi ini hanyalah deretan toko-toko tradisional dan rumah warga. Kini kawasan itu direvitalisasi menjadi sebuah community mall dengan visi untuk berbagi keindahan sungai Chao Phraya dan mengundang pengunjung untuk merasakan “Taste the River Life”. Memang tidak sebesar Asiatique, tetapi terletak di area yang lebih strategis.

Ada sekitar 50 tenant di sini, dari restaurant dan cafĂ© yang menghidangkan berbagai jenis makanan Thai Food maupun internasional ,  coffee shop, beberapa booth jajanan, salon,  toko buku dan perlengkapan seni serta beberapa toko lain.
Karena terletak di dekat kampus, sehingga pangsa utamanya adalah para anak muda mahasiswa, sehingga desain toko dan suasana  di dalam tha Maharaj pun cukup kekinian, cocok untuk foto-foto.
Dan yang menarik di lantai teratas ada deck terbuka dilapisi rumput buatan sehingga kita bisa duduk-duduk santai disana. Banyak juga mahasiswa yang sedang membuat sketsa gambar atau berdiskusi di situ. dan tentu saja banyak pasangan yang sedang berpacaran.
 
Pada saat kedatangan yang kedua kali ke sana, kebetulan bertepatan dengan hari perayaan wisuda, sehingga Tha Maharaj dipenuhi para mahasiswa dengan toga dan berbagai atribut kelulusan untuk berfoto disana.


Tempat ini masih belum terlalu ramai, dan sekitar 75% yang datang masih warga local dimana mayoritas yang datang adalah para mahasiswa dari kampus Thammasat University dan Silapakorn Fine Arts University karena lokasinya yang bertetangga. Para Pengunjung lokal lainnya datang ke sini karena tempat ini adalah salah satu pusat penjualan jimat / amulet ( kalung dengan image Budha yang sering dipakai warga Thailand ) terbesar di Thailand.

Banyak juga para pesepeda yang datang ke sini untuk beristirahat, karena jalanan di area ini merupakan salah satu spot yang menarik untuk dipakai berkeliling dengan sepeda, oleh karena itu ada banyak juga ornament sepeda menghiasi beberapa sudut dari tempat ini. 

Waktu yang paling pas untuk mendatangi Tha Maharaj yaitu saat sore menjelang malam, Sambil menikmati secangkir kopi, anda bisa melihat keramaian perahu berlalu lalang dan menunggu saat sun set yang magical.
Di saat malam menjelang satu persatu lampu-lampu bangunan dan kota mulai menyala sehingga akan menimbulkan kesan romantis.  
Tidak perlu datang ke restaurant mahal yang ada di tepi sungai untuk mendapatkan suasana yang sama, cukup bermodalkan budget minim untuk membeli makanan di sini, atau bisa juga berbelanja dulu ke minimarket terdekat !

Cara menuju ke sana :
1. Dari pusat kota : naik BTS dan perahu
Turun dari BTS di Saphan Taksin dan naik perahu Chao Phraya Express Boat ke Tha Maharaj. Ingat , hanya perahu dengan bendera biru atau tourist boat yang akan berhenti tepat di Tha Maharaj. Untuk perahu yang lain, lihat opsi 2 & 3 :
2. Boat berhenti di Tha Chang / dermaga dekat Grand Palace : anda tinggal berjalan kaki saja
3. Boat berhenti di Tha Wang Lang : tinggal naik perahu menyebrangi ke Tha Wat Mahathat yang tersambung dengan Tha Maharaj
4. Bis : no. 32, 53, 124, 203, 201, 32, 52, dan 524
Buka 10.00-22.00