Berkhayal DI Istana ANANTHA BANGKOK

Tidak banyak yang mengetahui bahwa selain terkenal dengan banyaknya Wat-Wat yang cantik, di Bangkok juga banyak tempat–tempat lain yang wajib didatangi. Jika kamu sudah terkagum-kagum dengan keindahan Grand Palace, di sini kamu akan lebih takjub lagi dengan segala kemegahan, kemewahan, keagungan dan maha karya sebuah bangunan bernama Anantha Samakhom Thorne Hall / (Thai: พระที่นั่งอนันตสมาคม Phra Thinang Anantasamakhom)

http://www.bangkokpost.com/media/content/2016/07/03/CACAEFCBF1C6473D8E23CC77043265D1.jpg
Disingkat menjadi ASTH , bangunan bergaya Italian Renaissance dan neoclassical style ini selesai dibangun pada tahun 1915 dan merupakan salah satu bagian dari Komplek Dusit Palace, dan bertetangga dengan Vimanmek Mansion.
Terdiri dari dua lantai dengan kubah besar ( 49,5 m ) di tengah, dikelilingi oleh enam kubah yang lebih kecil dan didominasi marmer putih yang khusus diimport dari Italia. Halaman luas dengan banyak taman dan dihiasi bunga-bunga yang asri dipandang mata.
Di bagian depan / Royal Plaza ada patung Raja Chulalongkorn ( Rama V ) yang sedang menaiki kuda. Lokasi ini juga merupakan salah satu tempat yang sering dipakai untuk lokasi pre wed foto karena suasananya yang seperti di Eropa .

Dulu Istana ini dignakan sebagai tempat parlemen pertama , dan sering menjadi lokasi untuk acara acara resmi seperti menjadi tempat resepsi atau menerima tamu-tamu negara , tetapi sekarang berfungsi sebagai museum dan terkadang digunakan untuk acara kenegaraan tertentu .

Pada tahun 2008 Raja Bhumibol member izin kepada Queen Sirikit Institute, Chitralada Arts and Crafts Centre untuk mempergunakan ASTH sebagai museum untuk menjadi tuan rumah edisi kelima “Arts of the Kingdom”, yaitu sebuah pameran yang menampilkan karya seni yang canggih dan kerajinan yang terbuat dari bahan-bahan berharga oleh pengrajin local dari seluruh penjuru negeri.
Karena barang-barang yang ada di dalam sangat berharga, jadi penjagaan untuk masuk ke dalam sangatlah ketat. Tiap pengunjung akan melewati ke metal detector dan body searching agar tidak bisa menyelundupkan atau membawa benda apapun. Ketat sekali bukan ?
Setelah masuk, kita dapat mengambil alat khusus untuk audio tour. Nanti di dekat setiap benda ada nomer kode khusus yang jika kita memasukkan kode tersebut ke alat audio tour itu, nanti akan keluarlah informasi lengkap tentang benda itu dalam bahasa Inggris.
Begitu menaiki tangga dan masuk ke ruang utama , words cant describe how beautiful the room and objects inside ! Benar-benar layaknya sebuah istana yang ada di film Disney ! Dinding dan bagian dalam kubah dihiasi berbagai mural lukisan yang menggambarkan sejarah Dinasti Chakri, pilar-pilar tinggi, bangku singgasana raja , berbagai hiasan benda yang sangat berharga dipajang dalam kotak kaca. Nuansa keemasan , keagungan dan kemewahan sangat terpancar di dalam situ.
Ada berbagai macam benda, seperti miniatur kapal yang dibuat dari pahatan emas, patung atau ukiran kayu yang besar dan sangat detail , lukisan raksasa dari sulaman benang sutra emas, dan perak, peralatan makan mewah asli yang pernah dipakai anggota kerajaan, kotak perhiasan, berbagai hadiah dari tamu negara, asesoris perhiasan pribadi keluarga kerajaan, pernak-pernik kecil, dan banyak hasil karya masterpiece lainnya, yang berharga sangat mahal.

Sebagian benda terbuat dari emas murni, kayu jati, permata dan berbagai batu mulia lainnya. Itu sebabnya penjagaan di tempat ini sangat ketat , karena beberapa barang tersebut hampir tidak ternilai harganya !
Barang barang tersebut adalah kebanyakan berupa hadiah yang diberikan dari rakyat untuk sang raja atau ratu dalam rangka memperingati sesuatu hari penting. Seperti hari ulang tahun, perayaan penobatan, hari pelantikan , dll. Tampak bahwa bangsa Thailand adalah sebuah bangsa yang sangat kaya akan kebudayaan, menjunjung tinggi nilai agama dan sejarah, mempunyai cita rasa seni yang tinggi dan sangat mencintai keluarga kerajaan.

http://www.davestravelcorner.com/wp-blog/wp-content/uploads/2001/11/Ananta-Samakhom-Throne-Hall-1.jpgSetiap barang tampak dikerjakan dengan penuh kesungguhan, ketelitian, dikerjakan dengan hati, dan menghabiskan ribuan jam kerja . Sayang, karena tidak bisa di foto, jadi anda tidak bisa melihat karya-karya yang sangat indah dan menakjubkan tersebut. Jadi sebaiknya datang langsung dan buktikan keindahan Anantha Samakhom Thorne Hall di Bangkok !

Catatan penting :
Ada aturan yang super ketat yang harus ditaati para wisatawan :
1. Tidak boleh membawa alat elektrik / kamera jenis apapun. Setiap wisatawan akan di periksa dengan cermat.
2. Tidak boleh membawa makanan, tas, payung.
3. Tidak boleh memakai topi, kaca mata hitam.
4. Berpakaian yang sopan, untuk wanita, wajib memakai sarung. Jika tidak membawa, harus membelinya seharga 50B.
5. Bagi pria memakai kemeja atau baju kaos berlengan dan celana panjang
6. Dilarang menyentuh atau merusak salah satu objek pameran .
7. Dilarang Merokok di dalam museum .
8. Disediakan locker tembus pandang yang dapat dipakai secara gratis sebelum masuk ke gedung ini.

Fasilitas
1. Parkir
2. Kursi roda bagi penyandang cacat dan orang tua
3. Audio untuk Thai dan narasi bahasa Inggris
4. Toilet
5. Souvenir shop
6. Coffee Shop

Informasi
Jam Buka: Selasa - Minggu dari 10.00-17.00.
Tiket masuk: 150 baht ( gratis bagi yang sudah memiliki potongan tiket dari Wat Phra Kaew / Grand Palace )
Untuk kesana paling mudah memakai taxi
http://www.artsofthekingdom.co