DMK Update

Sawasdee ! Welcome to Don Muang International  Airport , Bangkok !
Tapi kamu belum pernah ke Bangkok dan bingung mau kemana dimana bagaimana ?
Don’t worry saja, tinggal lihat saja info – info di bawah ini :

1.Setelah pesawat mendarat, kamu tinggal jalan mengikuti saja orang sehingga akan sampai ke bagian imigrasi. Disini anda diminta untuk mengantri dengan teratur, jangan melewati garis kuning sebelum orang di depan kamu selesai diperiksa.

2. Siapkan dulu semua dokumen seperti passport dan kartu imigrasi / arrival card  ( nanti akan dibagikan di pesawat, isi dengan jelas ). Buka topi dan kaca mata hitam. Nanti kamu diminta untuk berdiri tegak dan melihat ke kamera kecil untuk di foto.
3. Jika paspor sudah selesai di cap, langsung turun lewat tangga untuk ke bawah, tidak perlu menunggu teman atau keluarga yang belum selesai di periksa ! Tenang saja, di bawah nanti akan ketemu juga koq !
4. Di lantai bawah ini, untuk yang membawa koper berukuran besar, bisa mengambil kopernya sesuai dengan petunjuk ada di conveyor belt nomor berapa.

Kalau bingung, lihat saja di televisi yang ada, jadwal pesawat, jam mendarat dan harus mengambil koper di jalur ban berjalan yang mana. Jika tidak membawa koper, bisa langsung keluar.
Untuk yang mau membeli sedikit barang juga ada toko duty free kecil di sini

5. Di area situ juga ada deretan money changer dari berbagai bank yang berbeda. Saran sih sebaiknya menukarkan baht terlebih dahulu di Indonesia, karena jika menukarkan rupiah, cenderung akan rugi. Kecuali yang mau di tukarkan adalah mata uang lain seperti US $. Bandingkan dahulu antar 1 money changer dengan yang lain.
Baca tentang menukar uang baht di sini

6. Setelah koper beres, tinggal keluar lewati pintu yang ada di area sebelah kiri.

7. Ada berbagai macam cara untuk pergi dari / ke bandara Don Muang Bangkok, yaitu naik taxi, sewa mobil , naik bis kota, kereta api , atau kombo bis & MRT / BTS.

Baca info lengkap sebaiknya memakai apa di sini

8. Jika sudah memutuskan untuk naik transportasi apa dari bandara, pilihlah pintu keluar / Exit gate yang sesuai :
  • Jika dijemput dengan mobil sewaan, belok ke arah kanan menuju area Gate 3. Nanti di situ biasanya sudah ada orang-orang yang akan membawa kertas bertuliskan nama anda ( Butuh sewa mobil ? contact di sini
  • Jika akan naik bus khusus bandara, seperti A1, keluar saja di Gate 5 atau 6. Nanti juga ada petugas yang membawa kertas bertuliskan tujuan-tujuan yang bisa dinaiki ( Baca tentang transportasi dari DMK di sini )
  • Jika akan naik taxi, belok kiri untuk ke Gate 8. Nanti tinggal mengantri saja dan memberi tahu petugas di counter lokasi hotel dengan alamat yang lengkap
  • Jika akan naik bus umum dan kereta api, tinggal masuk ke pintu antara gate 4-5 yang sudah dilengkapi dengan banyak petunjuk.
  • Jika akan melanjutkan perjalanan domestic ke kota lain di Thailand, tinggal naik ke lantai atas dimana escalator / liftnya ada di dekat Gate 8.
( Lihat penampakan Terminal 2 / Domestik di sini )

9. Jika akan membeli sim card terlebih dahulu, ada counter True Move, Dtac dan beberapa toko kecil yang menjualnya juga di dekat gate 8 dan gate 4-3
( Baca tentang sim card di sini )
Tapi di DMK juga ada free wifi yang bisa diakses dengan mendaftar dahulu

10. Jika akan menitipkan bawaan anda, ada ruang left baggage di dekat Gate 3

11. Jika anda ingin makan dahulu dengan biaya murah, baca tentang “Food Court Rahasia” di sini

Nah nanti saatnya jika harus pulang meninggalkan Bangkok, anda akan berada di Departure Level. Di situ ada banyak fasilitas juga seperti untuk membungkus / wrapping koper , kantor pos, money changer, counter penjualan tiket, café, souvenir shop , dll.

Untuk yang naik maskapai Air Asia ada beberapa mesin otomatis di bagian luar Bandara untuk mempercepat dan mempermudah proses check in anda.

Jika membawa koper, harus dilakukan check in manual. Ini biasanya akan memakan waktu lama karena banyaknya penumpang, sehingga jangan terlalu mepet datang ke bandara, minimal 4-5 jam dari jam terbang. Lebih baik menunggu daripada menyesal tertinggal pesawat.

Ok, gak bingung lagi kan ? Get ready fasten your Seat Belt, and have a safe flight !