Transport (Murah) dari Don Muang

Ada berbagai macam cara untuk pergi dari / ke bandara Don Muang (DMK) Bangkok, yaitu naik taxi, sewa mobil , naik bis kota, kereta api , atau kombo bis & MRT / BTS

Semua ada pro & kontranya , pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget saja dengan pertimbangan di bawah ini : 
  • pilih naik taxi cocok untuk 2-4 orang dengan koper, harga mulai dari 300B. Resiko bisa terkena macet dan antri taxi bisa lama
  • sewa mobil/van sewa cocok untuk 4-10 orang dengan koper, harga mulai dari 1000B . Praktis tapi harga cukup mahal dan resiko bisa terkena macet .
          Mau sewa mobil ? lihat link ini
  • naik bis kota cocok untuk yang lokasi penginapannya dilalui jalur bus, atau sudah pernah ke Bangkok sebelumnya harga mulai dari 15B
  • naik kereta api cocok untuk yang ingin melanjutkan perjalanan melalui kereta api, tetapi paling lama dan jadwal tidak fleksibel
  • kombinasi bis & MRT / BTS . cocok untuk 1-3 orang dan barang bawaan tidak terlalu berat, harga mulai dari 45 B. Nah info lengkapnya ada di bawah ini :           
Jadi, untuk yang baru mendarat di bandara DMK dan ingin memakai moda transportasi yang tidak terkena macet dan cukup murah, paling pas adalah memakai   kombinasi  bis A1 dan kemudian disambung dengan memakai MRT / BTS. 

Tentu syarat utama yang harus diketahui adalah seberapa dekat jarak dari hotel tujuan ke stasiun  MRT / BTS. 

Karena jika  cukup jauh dan belum mengenal areanya, sebaiknya memakai taksi saja untuk menghindari tersesat dalam mencari hotel yang berada di dalam jalan-jalan kecil.

Cara untuk memakai pilihan ini gampang saja

Setelah mendarat, jika berada di terminal 1 (internasional) langsung menuju gate 5 dan menunggu bus yang akan berhenti di depan situ. Biasanya ada petugas yang membawa kertas ikut mengiklankan bus A1 & A2 itu.
Bisa memilih untuk memakai yang A1 ( jurusan akhir Mo Chit bus terminal , atau yang A2 dimana jurusan akhir adalah Victory Monument BTS.


Jika mendarat  di terminal 2 (domestic) langsung keluar saja menuju gate 3 dan tunggu disitu.

Lama menunggu sekitar 10-15 menit saja.

Harga tiketnya hanya 30B , dan jangan takut jika hanya punya uang 10000B. nanti tinggal beri saja uang pada kondektur yang akan menagihnya. Oya, di Bangkok, kondektur di bis itu biasanya wanita dan ada kondektu yang masih muda, berdandan rapi memakai blazer dan stocking seperti pegawai kantoran loh !

Kadang-kadang  supir bus nya juga wanita

Kedua bus A1 dan A2 akan berhenti di dekat stasiun di BTS Mo Chit / MRT Chatuchak Park. Jangan takut terlewat karena sebelum sampai di halte bis ini kondektur akan memberitahunya dan rata-rata orang juga akan turun di situ.

Jika akan naik MRT  tinggal jalan beberapa meter saja ke MRT Chatuchak Park . sedangkan jika naik BTS , harus berjalan kaki beberapa meter sedikit lebih jauh untuk ke BTS Mo Chit. 

Gampang kan ?

Sebaliknya jika akan ke terbang pulang kembali ke DMK, ikuti saja proses yang sama, tetapi jalurnya dibalik dan nanti tunggu di perhentian bus dekat MRT Chatuchak Park / BTS Mochit yang ada tanda seperti ini. Bis hanya akan berhenti beberapa detik saja, jadi begitu bis mendekat, langsung bersiap untuk naik. 

Jika belum tahu dan belum pernah naik BTS / MRT , baca dahulu panduannya di sini

nb: saat ini juga ada bus dengan tipe baru yang berwarna putih dengan corak biru.