Wat Pha Sorn Kaew : Kuil Unik & Cantik

Wat Pha Kaew Sorn (Thai: Wat Pha Kaew; artinya: Candi di tebing kaca), adalah sebuah biara dan kuil (temple Wat di Thailand) di Khao Kor, Phetchabun, sekitar 5 jam perjalanan utara Bangkok. 

Yang membuat kuil ini unik adalah karena Pagoda utama dan bangunan sekitarnya dihiasi dengan lebih dari 5 juta ubin mosaik warna-warni sehingga menjadi sebuah bangunan yang berbeda dari tampilan Wat / temple pada umumnya yang berwarna kuning keemasan.

Selain itu ada juga 5 patung Buddha berwarna putih yang berurutan dari kecil ke besar seperti boneka matryoshka khas Russia. Lokasinya juga istimewa karena terletak di dataran tinggi sekitar beberapa ratus meter dari kota Kheam.
Area sekitar Wat juga indah karena dihiasi banyak taman dan didukung udara yang sejuk karena berada di ketinggian.
 
Dengan lokasi GPS 16 ° 47'23.07 "N 101 ° 2'57.27" E , Wat ini saying sekali, tidak didukung dengan infrastruktur wisata untuk mempermudah menuju ke sana, karena tidak ada angkutan umum dari kota-kota terdekat dari Lom Sak, Phetchabun atau Phitsanulok.
Jadi hanya dapat diakses dengan menggunakan mobil pribadi , atau bersusah payah sedikit naik bus umum kemudian disambung jalan kaki atau menumpang mobil orang ! 
Tidak ada biaya untuk masuk ke situ, tetapi anda bisa memberikan donasi . Dan karena ini juga adalah tempat ibadah, anda diharapkan untuk memakai pakaian yang sopan.
Yang paling menonjol dari Wat ini adalah desain pada dinding dan lantai yang dpenuhi berbagai pola desain rumit berbantuk lingkaran, spiral, abstrak yang berwarna-warni dan tidak ada pola yang sama satu dengan yang lainnya. Sungguh patut diacungi jempol bagi para tukang yang memasangnya !
Sungguh suatu tempat yang layak untuk didatangi untuk bisa melihat keindahan Wat Pha Kaew Sorn secara langsung !