PRODUK RAMAH MUSLIM THAILAND

PRODUK RAMAH MUSLIM THAILAND - Tidak banyak yang tahu bahwa jumlah penduduk muslim di Thailand adalah sebesar 4.6% dari sekitar 68 juta orang, yang merupakan populasi terbanyak kedua setelah agama mayoritas Budha.

Pada tahun 2016 tercatat jumlah turis yang datang ke Thailand sekitar 32.6 juta orang. Dengan sekitar 6.03 juta turis dari Timur Tengah atau dari negara seperti Malaysia atau Indonesia yang datang tentu saja ada tuntutan permintaan untuk menyediakan makanan dan produk harian yang halal dan bersyariat Islam.

Sertifikasi Halal dilaksanakan oleh Halal Standard Institute of Thailand di bawah naungan Central Islamic Committee of Thailand (CICOT). Makanan, restauran dan hotel yang dinyatakan halal berhak menempatkan logo halal di kemasan produk dan memajang sertifikasi halal di tempat usaha tersebut.

Diperkirakan sekarang jumlah produk bersertifikat halal yang sudah dibuat di Thailand telah meningkat dari 10.000 menjadi 160.000 produk.
Bisa dilihat dibagian belakang atau depan sebuah produk ada logo seperti ini

Keseriusan dinas pariwisata Thailand dalam menjaring wisatawan muslim dibuktikan dengan menerbitkan beberapa materi kit seperti brosur “Citarasa Halal di Thailand”, dan aplikasi yang dapat di download bernama “Thailand Muslim Friendly Destination”. 

Para turis biasanya mengalami sedikit kesulitan untuk mencari makanan halal, karena restauran yang menyediakan makanan halal masih tidak terlalu banyak, dan terutama untuk turis Indonesia terkadang merasa kurang cocok untuk menyantap hidangan dari restaurant dengan menu dari India atau Timur Tengah.

Sedangkan untuk street food jenisnya tidak terlalu bervariasi, umumnya seperti kebab dan ayam goreng saja, dan terkadang ada keraguan apakah piranti masaknya dipakai bersamaan dengan bahan non halal. Walaupun demikian biasanya para penjual akan memasang lambang halal di gerobak / kedai mereka tersebut. 

Untuk mensiasati hal itu, salah satu upaya termudah dan termurah adalah dengan mencari makanan beku di mini market terdekat seperti Seven Eleven atau Family Mart. Karena di situ akan didapat beberapa jenis makanan yang dapat disantap dengan cepat dan rasanya juga cukup enak.
Anda tinggal mencarinya di lemari pendingin dimana ada beberapa makanan berat dengan nasi atau cemilan seperti burger, nuggets, dan hotdog yang mempunyai label halal sehingga aman untuk disantap.
Tinggal minta petugas di kasir untuk memanaskan makanan tersebut dan dalam hitungan menit anda langsung bisa menikmatinya .
Selain itu juga ada banyak makanan / minuman ringan yang bisa dicoba yang sudah terjamin kehalalannya seperti contoh di kira dan kanan ini.

Dan untuk yang ingin memasak Thai Food atau mencoba berbagai macam menu khas Thailand, bisa mencoba beberapa produk seperti ini :
So, jangan takut untuk susah makan saat akan berwisata di Thailand, tinggal jeli saja saat akan berbelanja di supermarket !

Lihat lokasi beberapa mesjid atau mushola di kota Bangkok 
di link ini (update 2017) ini dan ini 

Lihat lokasi beberapa kuliner halal di kota Bangkok 
di link ini (update 2017) , ini  dan ini