ISTANA CANTIK BANG PA IN

Bang Pa-In Royal Palace  (Thai: พระราชวังบางปะอิน), atau dikenal sebagai Summer Palace, adalah kompleks istana yang terletak di samping Sungai Chao Phraya , di distrik Bang Pa-In, provinsi Ayutthaya, sekitar 60 kilometer di utara Bangkok.
 
Dahulu kala memang tempat ini digunakan oleh para raja-raja Thailand untuk berlibur di saat musim panas Tetapi sekarang, istana ini tidak digunakan anggota kerajaan inti lagi, sesekali hanya untuk acara-acara kenegaraan saja.


Keseluruhan kompleks yang luas ini didesain dengan indah dan asri dimana banyak tanaman, pepohonan dan hiasan yang membuatnya menjadi lokasi yang tepat bagi yang suka berfoto.

Ada sekitar 25 bangunanan di dalamnya, Selain 10 bangunan terpenting ada juga tempat tinggal dengan ukuran dan desain yang lebih kecil dan sederhana yang diperuntukan bagi para kerabat anggota keluarga kerajaan tinggal.
Raja Prasat Thong membangun kompleks ini di tahun 1632, tetapi kemudian tempat ini menjadi terbengkalai. Hingga akhirnya sebagian besar yang ada di tempat ini dibangun antara 1872 dan 1889 oleh Raja Chulalongkorn (Rama V)

Karena sang raja adalah pemimpin yang banyak belajar tentang budaya tradisional barat , setelah pulang dari Eropa beliau merestorasi tempat ini dengan gabungan arsitektural eklektik dengan perpaduan gaya Thailand, Chinese dan Western. 

Ada 10 bangunan utama di sini, yaitu : 
1. Aisawan Thiphya-Art (Divine Seat of Personal Freedom) 
Sebuah pavilion indah yang dibangun di tengah-tengah danau bergaya Thai yang mirip dengan yang di Grand Palace, Bangkok. Dan ada patung tembaga seukuran tubuh dari King Rama V sendiri.
2. Warophat Phiman Throne Hall (Excellent and Shining Heavenly Abode) 
Ada pengaruh Yunani kuat dan Neo Classical dengan pilar-pilar menjulang tinggi. Ini adalah bangunan paling penting karena didalamnya ada singgasana dimana Raja biasa duduk
http://4.bp.blogspot.com/-YrUFQvRVqqA/VxnfYG6oshI/AAAAAAAAAA4/PQbtVIjj6aUiRaWxaM9kr0LwYJWcBBZWACK4B/s1600/da4a222ed5a8d60197b9f199b52e43b6.jpg
3. Thewarat Khanlai Gate
Gerbang pengubung ke istana dalam yang bergaya Corinthian Neo-Classical
4. Bridges of Statues
Ada banyak patung bergaya yunani berdiri di jembatan ini 
5. Wehart Chamrunt Royal Mansion (Heavenly Light)
Mansion yang paling kental suasana oriental / chinesenya ini tempat tinggal gaya Cina yang dibangun untuk Raja Chulalongkorn (Rama V) oleh Kamar Dagang Cina pada tahun 1889. dengan dominan warna merah dan emas seperti di kelenteng, kita harus melepas alas kaki untuk masuk kesini.
6. Krachom Trae Pavilion
Pavilion yang berbentuk seperti trumpet ini merupakan tempat paling pas untuk melihat pemandangan panoramic dari sekeliling kompleks. 

7. Utthayan Phumisathian Royal Mansion
Istana kediaman untuk raja dan ratu didesain sangat Eropa dalam gaya Swiss Chalet, dan terletak di sepanjang danau.. Meskipun bangunan aslinya terbakar di tahun 1938, tetapi raja Bhumibol membangunnya kembali di lokasi yang sama dan mendekorasinya dengan perabotan dari era Napoleon III
https://worldstotrek.files.wordpress.com/2011/04/phra-thinang-royal-residence-aisawan-thiphya-art-the-divine-seat-of-personal-freedom-1.jpg
8. Withun Thasana Tower (Sages 'Lookout)
Observatory yang paling ideal untuk melihat pemandangan sekitar
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRLIbcLO7A0QOaY3ShV1ye6Tb0DvVVQ7FmE8FMDD-l9BUROUXKdCQ
9. Memorial to Queen Sunandakumariratana
Cerita sedih yang terjadi pada tahun 1880 dimana Ratu Sunanda yang sedang berperahu tenggelam di sungai Chao Phraya , tetapi para penjaga istimewa tidak ada yang bisa menolongnya karena ada hukum di Thailand untuk melarang orang biasa menyentuh atau memegang ratu, Sejak tragedi itu Raja Rama V mengubah hukum tersebut dan mendirikan obeliks marmer untuk mengenang sang ratu .

10. Wat Niwet Thammaprawat
Didesain ala kathedral dan Gothic temple ini dihiasi kaca patri dan ksatria bersenjata
So, bagi penyuka keindahan , arsitektur dan sejarah bisa menjadwalkan untuk datang ke Bang Pa Summer Palace !


Cara menuju ke sini :
1. Sewa mobil dari Bangkok. Klik di sini
2. Naik bus dari Bangkok hingga ke terminal bis Bang Pa, kemudian naik ojeg
3. Naik kereta api dari stasion Hua Lamphong Bangkok hingga ke stasion kereta api Bang Pa
4. Naik kereta api dari stasion kereta api Ayutahaya hingga ke stasion kereta api Bang Pa ( 3B, 30 menit) , kemudian naik ojeg
5. Naik kapal pesiar / cruise dari Bangkok
INFO 
  • Jam buka : setiap hari 8:30-17:00, namun kantor tiket tutup pukul 03:30
  • Harga tiket 100 Baht 
  • Ada dress code untuk masuk ke sini, laki-laki tidak boleh memakai celana pendek, dan perempuan harus memakai sarung. Jika tidak membawanya . bisa meminjam disana 
  • Jika ingin berkeliling dengan nyaman bisa menyewa golf cart agar tidak capai berjalan.