HUNTING BARANG & FOTO KEREN DI SIAM GYPSY MARKET

HUNTING  DI SIAM GYPSY MARKET
Bangkok tidak pernah kehabisan tempat seru untuk berbelanja barang-barang unik sambil berfoto dengan latar belakang keren. Coba datang saja ke Siam Gypsy Market, pasar malam bertema dunia western cowboy wild wild west terletak di utara Bangkok.

Berlokasi di pinggir rel kereta api dan dibawah jalan layang dengan panjang 1,6 kilometer, SGM berisi berbagai lapak dan toko yang menjual berbagai macam random things yang baru maupun bekas,

Dari berbagai macam asesoris untuk mobil, motor, hiasan rumah kuno, mainan kaleng antik, baju, barber shop kekinian, salon tato, berbagai macam kuliner dan cafe serta bar-bar untuk minum bir dan menonton live music.
Dari segi lokasi memang SGM agak sedikit jauh dari pusat kota, dan mayoritas yang datang adalah anak muda yang tinggal di area sekitar. Tapi karena buka dari Rabu jadi merupakan salah satu pilihan jika ingin berbelanja tanpa harus menunggu akhir pekan.
Sebelum memasuki SGM anda akan melewati sebuah pasar segar yang menjual berbagai macam kuliner street food ala Thai yang murah dan enak-enak. 
Salah satu hal yang menarik dari SGM adalah dekorasi dan interior yang menghiasi keseluruhan kompleks. Di pintu masuk dihiasi sebuah lokomotif kuno dan di langit-langit dipasang berbagai lampu neon warna-warni yang membuat suasana menjadi cantik. Juga ada sebuah coffee shop kekinian dengan interior keren. 
Pemanfaatan kayu bekas, kontainer, mobil kuno dan berbagai macam benda lainya membuat tempat ini juga akan menjadi latar belakang yang menarik bagi yang hobi berfoto.
Dan untuk lebih menekankan tema wild wild west, beberapa elemen ala jaman koboy turut menghiasi pasar ini seperti adanya pohon kaktus , tenda tee pee indian, hiasan kepala banteng, tampilan toko ala saloon, atau sheriff.
Para pedagang menggelar lapak dagangan di depan mobil pribadi mereka yang beberapa diantaranya merupakan mobil tua yang masih terawat baik. Barang yang dijual sangat bervariasi, dari spion hingga tulisan merek mobil-motor, cincin hias karakter, kaleng bekas, koper tua, berbagai macam ornamen pajangan rumah, tshirt bekas dari 30B ( Rp.12.000) , asesoris buatan tangan unik, buku tua dan masih banyak lainnya.
Terkadang saya merasa bahwa beberapa orang berdagang hanya untuk menghabiskan waktu di sini karena beberapa jenis barang terkesan “sampah”’ yang tidak ada gunanya dan hanya seperti untuk membuang barang yang ada di gudang dengan harapan untung-untungan jika ada yg mau membelinya.
But hey ! someone's junk is someone else treasure. Para designer interior atau yang senang make over ruangan pasti senang hunting berbagai macam barang unik di sini.
Sebagian toko berjualan barang-barang antik / retro / vintage stuff seperti patung dan perabot kuno, plat / piringan hitam. Tetapi banyak juga yang menjual produk baru seperti baju dan asesorisnya. 
Cafe kecil atau bar dengan berbagai menu dan dekorasi yang menarik mulai dari sebuah bus sekolah kuno, trailer , karavan hingga gubuk berumbai ala di Tiki Bar di pinggir pantai.
Juga tentu saja banyak street food Thailand dengan harga mulai dari 5B ( Rp. 2000)

Di akhir pekan juga ada penampilan band akustik di beberapa lokasi, mulai dari pintu masuk, di bawah rumah pohon, panggung kecil dan beberapa cafe - bar juga menggelar live band atau menyetel musik dengan volume kencang yang membuat suasana menjadi semarak. 
Yang menarik lainnya adalah banyak pedagang dan pengunjung yang seakan memamerkan berbagai macam motor dan mobil keren baik yang dikustomisasi ataupun vintage. Bahkan ada penjual makanan-minuman yang mengantarkan pesanan dengan memakai motor kecil mengelilingi kompleks.
Jika dibandingkan dengan 3 night market besar lainya seperti Rod Fai Srinagarin, Ratchada atau JJ Green, SGM tergolong kecil , walau demikian tetapi salah satu worth place to visit for unique experience in Bangkok. 

Info 
Buka : Rabu - Minggu, 6pm-1am

Cara menuju ke sana :
1. Ke Bang Sue MRT kemudian naik taxi sekitar 60-80B
2. Ke Bang Sue MRT kemudian naik bus no 50, 65, 97
3. Ke Bang Sue MRT kemudian keluar di exit 2 dan naik shuttle bus gratis ke Purple Line station MRT Tao Poon. Setibanya di Tao Poon, beli tiket dan naik MRT ke Bang Son ( 1 stasion saja ) kemudian keluar di exit 4 dan berbelok ke kiri; setelah sekitar berjalan 30 detik Anda akan menemukan pintu masuk ke Siam Gypsy Junction di sebelah kiri Anda.