MOCA BANGKOK

Sebagai salah satu negara yang terkenal dengan kekayaan tradisi dan budayanya, Thailand juga mempunyai banyak seniman bertaraf dunia. Untuk itu dibangun galeri seni berstandar internasional untuk menampilkan banyak. koleksi seni kontemporer yang paling lengkap di Thailand bernama Museum of Contemporary Art (MOCA) .

Boonchai Benchaarongkul sang pendiri MOCA telah mengumpulkan sekitar 800 buah lukisan dan patung selama lebih dari 3 dekade untuk menyajikan keindahan karya kreatif dan tindakan pelestarian seni serta menampilkan perkembangan seni rupa Thailand sejak diperkenalkannya konsep barat modern. 

MOCA dirancang oleh seorang arsitek Thailand dan dibangun seolah-olah seluruh blok granit sengaja diukir seperti sebatang melati yang mewakili budaya Thailand yang unik. Saat Anda masuk ke gedung, Anda akan bisa melihat banyak lubang terbuka di dinding agar cahaya alami sinar matahari bisa masuk di seluruh bangunan yang putih bersih ini. Patung teratai di depan pintu masuk merupakan simbol Museum Seni Kontemporer MOCA Bangkok.
Pada tahun 2012 MOCA di resmikan oleh putri mahkota Chakri Sirindhorn. Dengan luas sekitar 20.000 meter persegi, ada 5 lantai ruang seni yang terbagi menjadi pameran sementara dan permanen yang dirancang. dengan ruang dan jarak yang luas agar membuat pengunjung nyaman dan memastikan galeri seni ini sekelas dengan galeri lain di mancanegara. 
Di lantai dasar / G anda akan disambut dengan pintu besar berornamen kayu dan saat masuk ke dalam akan menemukan patung perunggu yang didedikasikan untuk seorang pematung dari Italia Profesor Silpa Bhirasri, “ayah seni kontemporer Thailand”. serta patung dari tokoh surrealis dunia terkenal Salvador Dali. 
Di sini juga ada toko suvenir , toko buku, coffee shop kecil , toilet dan lift untuk pengunjung serta ruang pameran tambahan.
Semua penerima penghargaan Artis Nasional Thailand dan banyak para seniman terkenal Thailand mempunyai berbagai Karya seni yang dipamerkan di lantai kedua, ketiga dan keempat. Di sini para seniman bebas mengekspresikan kreativitas mereka dengan mengeksplorasi berbagai tema seperti agama, korupsi, pelacuran dan hilangnya berbagai nilai tradisional Thailand. 
Chalermchai Kositpipat, perancang Wat Temple terkenal (Wat Rong Khun) di Chiang Rai, memajang beberapa lukisannya di sini. Beliau menggabungkan tema Buddha dengan gaya tradisional Thailand, mengeksplorasi relevansi Buddhisme dengan lingkungan urban perkotaan saat ini. 
Ada lukisan gaya pointillist di lantai dua karya Preecha Pun-Klum yang berjudul Glamourous Night yang menangkap energi sibuk Bangkok pada malam hari. Dan di lantai empat, ada tiga lukisan raksasa yang menggambarkan Tiga Kerajaan - Surga, Bumi dan Neraka - dengan perhatian yang luar biasa terhadap detail.
Di lantai lima ada area khusus yang didedikasikan untuk pelukis Eropa dari era Victoria serta ansambel karya seni Vietnam, Cina, Italia dan Jepang. Ada larangan untuk memotret yang berlaku khusus hanya untuk di area pelukis Eropa tersebut.
Untuk menikmati keseluhan karya seni di sini dibutuhkan setidaknya 4 jam dan itu tidak akan terasa Karena its all worth it. Wajib datang bagi penggemar karya seni dunia

INFO
Jam buka : Selasa sampai Jumat dari pukul 10:00 sampai 17:00, 
Sabtu sampai Minggu dari pukul 11:00 sampai 16:00, 
(tutup pada hari Senin)

Tiket masuk : 250 baht untuk masyarakat umum, 
100 baht untuk pelajar ( bawa kartu pelajar), 
300 baht untuk 1 dewasa & 1 pelajar
650 baht untuk 2 dewasa & 3 pelajar
Gratis untuk anak hingga umur 13 tahun Manula diatas 60 tahun, dan kaum difabel
Gratis sebotol air mineral

Cara menuju ke sana :
BTS Mo Chit kemudian sambung taxi sekitar 10 menit
MRT Chatuchak Park kemudian sambung taxi sekitar 10 menit
Langsung memakai taxi atau sewa mobil saja