CHIANG MAI SUNDAY WALKING STREET MARKET


Mengunjungi Sunday Walking Street merupakan salah satu aktivitas “things to do ” paling populer jika sedang traveling di Chiang Mai, Thailand Utara.

Seperti namanya, setiap hari Minggu akan ada "Pasar Kaget" yang mulai pukul 16:00 sampai sekitar tengah malam. Jalanan sekitar Tha Pae Gate ditutup untuk kendaraan sehingga hanya boleh dilalui dengan berjalan kaki saja.


Di sepanjang jalan kita akan menemukan banyak pedagang yang menjual berbagai macam barang dan makanan serta aktivitas seni seperti pertunjukan musisi jalanan, pelukis sketsa cepat, dan penggiat kesenian tari tradisional Thailand.

Salah yang yang paling istimewa dan jangan dilewatkan adalah menonton pertunjukan sebuah group musik memakai instrument unik seperti  
Didgeridoo khas Australia yang selalu dikerumuni banyak orang dan bisa dilihat di video ini :
                                         
Ada banyak jenis barang yang dijual dari berbagai macam jenis pakaian dengan motif khas Thailand utara yang berwarna-warni, lukisan karya seniman lokal, kerajinan tangan lucu dari tanah liat, hiasan rumah, dan masih banyak lagi.

   













Yang membedakan Walking Street dengan Night Market biasa adalah barang-barang yang ditawarkan lebih condong ke produk buatan tangan daripada barang produksi massal atau berbentuk cendera mata khas Chiang Mai / Thailand.

Itu membuat acara cuci mata menjadi lebih seru dan tidak membosankan karena kita ingin melihat berbagai jenis barang unik yang ada.
Di sini juga bisa untuk ber”wisata kuliner” dengan mencicipi berbagai jenis makanan mulai dari makanan khas Thailand Utara yaitu mie Kuah “Khao soi” yang enak karena gurih dan pedas

Ada berbagai macam Thai Food populer seperti Mango Sticky Rice, hingga ke jangkrik goreng dan ada banyak kios minuman segar dan penganan cemilan lainnya.

Yang wajib dibeli bagi yang hobi masak adalah paket berbagai jenis bumbu masak atau bahan makanan untuk membuat berbagai macam kuliner Thailand populer seperti Pad Thai, Tom Yum.

Jadi nanti kita bisa membuat makanan khas Thailand tanpa repot harus membeli bumbu aslinya yang terkadang repot didapatkan di Indonesia.
Atau untuk yang hobi meminum teh, ada juga berbagai jenis macam teh yang sudah dikemas dengan cantik dan praktis karena tinggal di seduh saja.
Oya, jangan takut jika sudah lama berjalan dan kaki Anda merasa pegal, ada banyak tempat pijat kaki yang dapat membuat anda relax dan mengembalikan kembali energi yang sudah terbuang.

Jadi, jangan lupakan untuk datang ke Sunday Walking Street ini, karena niscaya akan menjadi salah satu “highlight” untuk perjalanan mengesankan Anda di Chiang Mai.

Jika bisa, usahakan waktu berkunjung ke Chiang Mai itu di bulan April dan November agar bisa mengalami keseruan festival Songkran dan Loy KRathong ya ! 

Masih ingin tahu ada apa aja di night market ini ? Tonton videonya dulu : 
                                        
Untuk yang senang alam terbuka bisa mencoba 1 day trip ke Doi Inthanon nih